Type Network
Infrastruktur jaringan dapat
sangat bervariasi dalam hal :
Ukuran area yang tertutup
Jumlah pengguna yang terhubung
Jumlah dan jenis layanan yang tersedia
Angka tersebut menggambarkan dua jenis yang paling umum dari infrastruktur jaringan :
Local Area Network ( LAN ) - Sebuah infrastruktur jaringan yang menyediakan akses kepada pengguna dan perangkat akhir di wilayah geografis yang kecil .
Wide Area Network ( WAN ) - Sebuah infrastruktur jaringan yang menyediakan akses ke jaringan lain di wilayah geografis yang luas .
Jenis lain dari jaringan meliputi:
Metropolitan Area Network ( MAN ) - Sebuah infrastruktur jaringan yang mencakup area fisik lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN ( misalnya , sebuah kota ) . MAN biasanya dioperasikan oleh entitas tunggal seperti organisasi besar .
Wireless LAN ( WLAN ) - Mirip dengan LAN tetapi nirkabel interkoneksi pengguna dan titik akhir di wilayah geografis yang kecil .
Storage Area Network ( SAN ) - Sebuah infrastruktur jaringan yang dirancang untuk mendukung file server dan menyediakan penyimpanan data , pengambilan, dan replikasi . Ini melibatkan server high-end , beberapa disk array ( disebut blok ) , dan teknologi interkoneksi Fibre Channel .
Ukuran area yang tertutup
Jumlah pengguna yang terhubung
Jumlah dan jenis layanan yang tersedia
Angka tersebut menggambarkan dua jenis yang paling umum dari infrastruktur jaringan :
Local Area Network ( LAN ) - Sebuah infrastruktur jaringan yang menyediakan akses kepada pengguna dan perangkat akhir di wilayah geografis yang kecil .
Wide Area Network ( WAN ) - Sebuah infrastruktur jaringan yang menyediakan akses ke jaringan lain di wilayah geografis yang luas .
Jenis lain dari jaringan meliputi:
Metropolitan Area Network ( MAN ) - Sebuah infrastruktur jaringan yang mencakup area fisik lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN ( misalnya , sebuah kota ) . MAN biasanya dioperasikan oleh entitas tunggal seperti organisasi besar .
Wireless LAN ( WLAN ) - Mirip dengan LAN tetapi nirkabel interkoneksi pengguna dan titik akhir di wilayah geografis yang kecil .
Storage Area Network ( SAN ) - Sebuah infrastruktur jaringan yang dirancang untuk mendukung file server dan menyediakan penyimpanan data , pengambilan, dan replikasi . Ini melibatkan server high-end , beberapa disk array ( disebut blok ) , dan teknologi interkoneksi Fibre Channel .
Slide 18
Modul 1.2.2.3
WAN
Wide Area
Network (WAN) adalah infrastruktur
jaringan yang mencakup wilayah
geografis yang luas. WAN biasanya
dikelola oleh penyedia layanan (SP) atau Internet
Service Provider (ISP).
Fitur khusus WAN meliputi:
WAN menghubungkan LAN di daerah geografis yang luas seperti antar kota, negara bagian, provinsi, negara, atau benua.
WAN biasanya diberikan oleh beberapa penyedia layanan.
WAN biasanya menyediakan link kecepatan lebih lambat antara LAN.
Fitur khusus WAN meliputi:
WAN menghubungkan LAN di daerah geografis yang luas seperti antar kota, negara bagian, provinsi, negara, atau benua.
WAN biasanya diberikan oleh beberapa penyedia layanan.
WAN biasanya menyediakan link kecepatan lebih lambat antara LAN.
Slide 19
Modul 1.2.3.2
The Internet
Meskipun ada
manfaat untuk menggunakan LAN atau WAN , kebanyakan orang perlu berkomunikasi
dengan sumber daya pada jaringan lain , di luar jaringan lokal di dalam rumah ,
kampus , atau organisasi . Hal ini dilakukan dengan menggunakan internet .
Seperti terlihat pada gambar , internet adalah kumpulan seluruh dunia dari jaringan interkoneksi ( internetwork atau internet untuk pendek ) , bekerja sama satu sama lain untuk bertukar informasi menggunakan standar umum . Melalui kabel telepon, kabel serat optik , transmisi nirkabel , dan link satelit , pengguna internet dapat bertukar informasi dalam berbagai bentuk .
Internet adalah suatu konglomerat dari jaringan dan tidak dimiliki oleh individu atau kelompok . Memastikan komunikasi yang efektif di seluruh infrastruktur ini beragam membutuhkan penerapan teknologi dan standar yang konsisten dan umumnya diakui serta kerjasama dari banyak lembaga administrasi jaringan . Ada organisasi yang telah dikembangkan untuk tujuan membantu untuk mempertahankan struktur dan standarisasi protokol internet dan proses . Organisasi ini termasuk Internet Engineering Task Force ( IETF ) , Internet untuk Corporation Ditugaskan Nama dan Nomor ( ICANN ) , dan Internet Architecture Board ( IAB ) , ditambah banyak orang lain .
Catatan : . Internet panjang ( dengan huruf kecil " i " ) digunakan untuk menggambarkan beberapa jaringan interkoneksi Bila mengacu pada sistem global jaringan komputer yang saling berhubungan atau World Wide Web , istilah internet ( dengan modal " saya " ) adalah digunakan .
Seperti terlihat pada gambar , internet adalah kumpulan seluruh dunia dari jaringan interkoneksi ( internetwork atau internet untuk pendek ) , bekerja sama satu sama lain untuk bertukar informasi menggunakan standar umum . Melalui kabel telepon, kabel serat optik , transmisi nirkabel , dan link satelit , pengguna internet dapat bertukar informasi dalam berbagai bentuk .
Internet adalah suatu konglomerat dari jaringan dan tidak dimiliki oleh individu atau kelompok . Memastikan komunikasi yang efektif di seluruh infrastruktur ini beragam membutuhkan penerapan teknologi dan standar yang konsisten dan umumnya diakui serta kerjasama dari banyak lembaga administrasi jaringan . Ada organisasi yang telah dikembangkan untuk tujuan membantu untuk mempertahankan struktur dan standarisasi protokol internet dan proses . Organisasi ini termasuk Internet Engineering Task Force ( IETF ) , Internet untuk Corporation Ditugaskan Nama dan Nomor ( ICANN ) , dan Internet Architecture Board ( IAB ) , ditambah banyak orang lain .
Catatan : . Internet panjang ( dengan huruf kecil " i " ) digunakan untuk menggambarkan beberapa jaringan interkoneksi Bila mengacu pada sistem global jaringan komputer yang saling berhubungan atau World Wide Web , istilah internet ( dengan modal " saya " ) adalah digunakan .
Slide 20
Modul 1.2.3.2
Intranet and Extranet
Ada dua istilah lain yang
mirip dengan istilah Internet :
intranet
extranet
Intranet adalah istilah yang sering digunakan untuk merujuk ke koneksi pribadi LAN dan WAN yang dimiliki organisasi , dan dirancang untuk dapat diakses hanya oleh anggota organisasi , karyawan , atau orang lain dengan otorisasi . Intranet pada dasarnya merupakan internet yang biasanya hanya dapat diakses dari dalam organisasi .
Organisasi dapat mempublikasikan halaman web pada intranet tentang kebijakan internal peristiwa , kesehatan dan keselamatan , newsletter staf , dan direktori telepon staf . Misalnya , sekolah mungkin memiliki intranet yang mencakup informasi mengenai jadwal kuliah , kurikulum online, dan forum diskusi . Intranet biasanya membantu menghilangkan dokumen dan mempercepat alur kerja . Intranet dapat diakses oleh staf yang bekerja di luar organisasi dengan menggunakan koneksi yang aman ke jaringan internal .
Suatu organisasi dapat menggunakan extranet untuk menyediakan akses yang aman dan aman untuk individu yang bekerja untuk organisasi yang berbeda , namun memerlukan data perusahaan . Contoh extranet meliputi:
Sebuah perusahaan yang menyediakan akses ke luar pemasok / kontraktor .
Sebuah rumah sakit menyediakan sistem pemesanan ke dokter sehingga mereka dapat membuat janji untuk pasien mereka .
Sebuah kantor pendidikan setempat menyediakan anggaran dan informasi personil untuk sekolah di kabupaten tersebut .
intranet
extranet
Intranet adalah istilah yang sering digunakan untuk merujuk ke koneksi pribadi LAN dan WAN yang dimiliki organisasi , dan dirancang untuk dapat diakses hanya oleh anggota organisasi , karyawan , atau orang lain dengan otorisasi . Intranet pada dasarnya merupakan internet yang biasanya hanya dapat diakses dari dalam organisasi .
Organisasi dapat mempublikasikan halaman web pada intranet tentang kebijakan internal peristiwa , kesehatan dan keselamatan , newsletter staf , dan direktori telepon staf . Misalnya , sekolah mungkin memiliki intranet yang mencakup informasi mengenai jadwal kuliah , kurikulum online, dan forum diskusi . Intranet biasanya membantu menghilangkan dokumen dan mempercepat alur kerja . Intranet dapat diakses oleh staf yang bekerja di luar organisasi dengan menggunakan koneksi yang aman ke jaringan internal .
Suatu organisasi dapat menggunakan extranet untuk menyediakan akses yang aman dan aman untuk individu yang bekerja untuk organisasi yang berbeda , namun memerlukan data perusahaan . Contoh extranet meliputi:
Sebuah perusahaan yang menyediakan akses ke luar pemasok / kontraktor .
Sebuah rumah sakit menyediakan sistem pemesanan ke dokter sehingga mereka dapat membuat janji untuk pasien mereka .
Sebuah kantor pendidikan setempat menyediakan anggaran dan informasi personil untuk sekolah di kabupaten tersebut .
Slide 22
Modul 1.2.4.2
Connecting Remote Users to the Internet
- Kabel - Biasanya ditawarkan oleh
penyedia layanan televisi kabel , sinyal data internet dilakukan pada kabel
koaksial yang sama yang memberikan televisi kabel . Ini menyediakan bandwidth
yang tinggi, selalu , koneksi ke Internet . Sebuah kabel modem khusus
memisahkan sinyal data internet dari sinyal lain yang dilakukan pada kabel dan
menyediakan koneksi Ethernet ke host komputer atau LAN .
- DSL - Menyediakan bandwidth yang tinggi , selalu , koneksi ke Internet . Hal ini membutuhkan modem kecepatan tinggi khusus yang memisahkan sinyal DSL dari sinyal telepon dan menyediakan koneksi Ethernet ke host komputer atau LAN . DSL berjalan melalui saluran telepon , dengan garis dibagi menjadi tiga jalur . Satu saluran digunakan untuk panggilan suara telepon . Saluran ini memungkinkan seorang individu untuk menerima panggilan telepon tanpa memutuskan hubungan dari Internet . Saluran kedua adalah saluran download lebih cepat , yang digunakan untuk menerima informasi dari Internet . Kanal ketiga digunakan untuk mengirim atau meng-upload informasi. Saluran ini biasanya sedikit lebih lambat dibandingkan download channel . Kualitas dan kecepatan koneksi DSL terutama tergantung pada kualitas saluran telepon dan jarak dari kantor pusat perusahaan telepon Anda . Semakin jauh Anda dari kantor pusat , semakin lambat koneksi.
-Seluler - Akses Internet Seluler menggunakan jaringan telepon seluler untuk menghubungkan . Di mana pun Anda bisa mendapatkan sinyal selular , Anda bisa mendapatkan akses internet seluler . Kinerja akan dibatasi oleh kemampuan ponsel dan menara sel untuk yang terhubung . Ketersediaan akses internet selular adalah manfaat nyata di daerah-daerah yang lain akan memiliki konektivitas internet sama sekali, atau bagi mereka yang terus-menerus di mana saja.
-Satelit - Layanan satelit adalah pilihan yang baik untuk rumah atau kantor yang tidak memiliki akses ke DSL atau kabel . Piring satelit membutuhkan garis yang jelas terlihat ke satelit dan sehingga mungkin sulit di daerah berhutan lebat atau tempat dengan penghalang overhead lainnya . Kecepatan akan bervariasi tergantung pada kontrak , meskipun mereka umumnya baik . Peralatan dan instalasi biaya bisa tinggi (meskipun memeriksa penyedia untuk penawaran khusus ) , dengan biaya bulanan moderat setelahnya . Ketersediaan akses internet satelit adalah manfaat nyata di daerah-daerah yang lain akan memiliki konektivitas internet sama sekali.
-Telepon Dial - up - Pilihan murah yang menggunakan setiap saluran telepon dan modem . Untuk menyambung ke ISP , pengguna panggilan ISP nomor telepon akses . Rendahnya bandwidth yang disediakan oleh koneksi modem dial - up biasanya tidak cukup untuk transfer data yang besar , meskipun berguna untuk akses mobile saat bepergian . Sebuah koneksi dial - up modem hanya harus dipertimbangkan ketika opsi koneksi kecepatan yang lebih tinggi tidak tersedia .
Banyak rumah dan kantor kecil lebih sering yang terhubung langsung dengan kabel serat optik . Hal ini memungkinkan penyedia layanan internet untuk memberikan kecepatan bandwidth yang lebih tinggi dan mendukung layanan lebih seperti Internet , telepon , dan TV .
Pilihan koneksi bervariasi tergantung pada lokasi geografis dan ketersediaan penyedia layanan .
- DSL - Menyediakan bandwidth yang tinggi , selalu , koneksi ke Internet . Hal ini membutuhkan modem kecepatan tinggi khusus yang memisahkan sinyal DSL dari sinyal telepon dan menyediakan koneksi Ethernet ke host komputer atau LAN . DSL berjalan melalui saluran telepon , dengan garis dibagi menjadi tiga jalur . Satu saluran digunakan untuk panggilan suara telepon . Saluran ini memungkinkan seorang individu untuk menerima panggilan telepon tanpa memutuskan hubungan dari Internet . Saluran kedua adalah saluran download lebih cepat , yang digunakan untuk menerima informasi dari Internet . Kanal ketiga digunakan untuk mengirim atau meng-upload informasi. Saluran ini biasanya sedikit lebih lambat dibandingkan download channel . Kualitas dan kecepatan koneksi DSL terutama tergantung pada kualitas saluran telepon dan jarak dari kantor pusat perusahaan telepon Anda . Semakin jauh Anda dari kantor pusat , semakin lambat koneksi.
-Seluler - Akses Internet Seluler menggunakan jaringan telepon seluler untuk menghubungkan . Di mana pun Anda bisa mendapatkan sinyal selular , Anda bisa mendapatkan akses internet seluler . Kinerja akan dibatasi oleh kemampuan ponsel dan menara sel untuk yang terhubung . Ketersediaan akses internet selular adalah manfaat nyata di daerah-daerah yang lain akan memiliki konektivitas internet sama sekali, atau bagi mereka yang terus-menerus di mana saja.
-Satelit - Layanan satelit adalah pilihan yang baik untuk rumah atau kantor yang tidak memiliki akses ke DSL atau kabel . Piring satelit membutuhkan garis yang jelas terlihat ke satelit dan sehingga mungkin sulit di daerah berhutan lebat atau tempat dengan penghalang overhead lainnya . Kecepatan akan bervariasi tergantung pada kontrak , meskipun mereka umumnya baik . Peralatan dan instalasi biaya bisa tinggi (meskipun memeriksa penyedia untuk penawaran khusus ) , dengan biaya bulanan moderat setelahnya . Ketersediaan akses internet satelit adalah manfaat nyata di daerah-daerah yang lain akan memiliki konektivitas internet sama sekali.
-Telepon Dial - up - Pilihan murah yang menggunakan setiap saluran telepon dan modem . Untuk menyambung ke ISP , pengguna panggilan ISP nomor telepon akses . Rendahnya bandwidth yang disediakan oleh koneksi modem dial - up biasanya tidak cukup untuk transfer data yang besar , meskipun berguna untuk akses mobile saat bepergian . Sebuah koneksi dial - up modem hanya harus dipertimbangkan ketika opsi koneksi kecepatan yang lebih tinggi tidak tersedia .
Banyak rumah dan kantor kecil lebih sering yang terhubung langsung dengan kabel serat optik . Hal ini memungkinkan penyedia layanan internet untuk memberikan kecepatan bandwidth yang lebih tinggi dan mendukung layanan lebih seperti Internet , telepon , dan TV .
Pilihan koneksi bervariasi tergantung pada lokasi geografis dan ketersediaan penyedia layanan .
Slide 23
Modul 1.2.4.3
Connecting Businesses to the Internet
Jaringan Metro Ethernet, secara
harfiah berarti jaringan komunikasi data yang berskala metro (skala untuk
menjangkau satu kota besar seperti Kota Semarang misalnya) dengan menggunakan
teknologi Ethernet sebagai protokol transportasi datanya. Begitu pula arti
sebenarnya, teknologi Metro Ethernet merupakan salah satu perkembangan dari
teknologi Ethernet yang dapat menempuh jarak yang luas berskala perkotaan
dengan dilengkapi berbagai fitur yang seperti terdapat pada jaringan Ethernet
umumnya. Sehingga jaringan yang berskala metro dapat dibentuk dengan
menggunakan teknologi Ethernet biasa.
Metro Ethernet menggunakan protokol atau teknologi yang sama persis dengan
Ethernet/Fast Ethernet pada LAN tetapi ada penambahan beberapa fungsi sehingga
dapat digunakan untuk menghubungkan dua lokasi (dua LAN) dengan jarak puluhan
bahkan ratusan kilometer. Sebenarnya Metro Ethernet adalah jenis Broadband
Wired (Kabel Broadband) karena speed/kecepatan/bandwidthnya sudah besar yaitu
10/100 Mbps, bahkan 1/10 Gigabps.
Teknologi Ethernet dipilih untuk jaringan berskala metro dikarenakan teknologi
Ethernet telah digunakan secara luas oleh masyarakat, terutama dalam LAN.
Interface Ethernet telah tersebar ke mana-mana dan keberadaannya sangat banyak.
Selain itu, bandwidth yang ditawarkan oleh teknologi ini juga dapat dengan
mudah diperbesar. Hingga kini teknologi Ethernet yang perangkatnya telah banyak
beredar di pasaran telah mencapai bandwidth tertinggi sebesar 10 Gigabit per
Second. Namun, Ethernet juga menyediakan teknologi Ethernet dengan bandwidth 10
Mbps, 100 Mbps, dan 1000 Mbps.
Metro ethernet merupakan salah satu solusi teknologi untuk High End Market
(HEM) dalam memberikan solusi terintegrasi untuk layanan voice, data dan video.
Metro ethernet network memiliki karakteristik antara lain :
- Teknologi IP optik berbasis Synchronous Digital Hierarchy atau Ethernet.
- Dapat mengakomodasi layanan berupa voice, data, high speed internet access
dan video
- Kecepatan tinggi hingga Gigabit Ethernet/1000Mbps
Diposkan oleh Tiiittto di 01.30 Tidak ada komentar:
Teknologi Jaringan berskala Metro
-Jaringan internet leased line artinya jaringan yang tersedia untuk
mengakses internet selama 24 jam sehari. Hal ini berbeda dengan dial up, di mana akses internet hanya tersedia pada
saat kamu melakukan hubungan ke ISP. Oleh karena itu jaringan leased line juga
sering disebut sebagai jaringan dedicated line, yaitu jaringan yang dikhususkan
untuk koneksi internet. Jaringan leased line dapat menggunakan jaringan
telepon, kabel khusus untuk internet, maupun koneksi wireless. Untuk jaringan
yang menggunakan kabel, tersedia layanan ISDN dan DSL. Perhatikan uraian
berikut ini!
ISDN merupakan komunikasi melalui jaringan telepon yang dapat memisahkan aplikasi suara (data analog) dengan data nonsuara seperti teks, gambar, dan video (data digital) pada jaringan yang sama. ISDN dikembangkan pada jaringan telepon. Modem ISDN tidak mengubah data digital menjadi data analog atau sebaliknya seperti pada modem dial up (tidak ada proses modulasi dan demodulasi). Modem ISDN hanya memproses data digital antara komputer dengan jaringan ISDN. Kecepatan transfer data dengan layanan ini mencapai 128 kbps, lebih cepat bila dibandingkan dengan kecepatan koneksi dial up.
Cara kerja koneksi jenis ini
mirip dengan ISDN, yaitu dengan menumpangkan sinyal transmisi data frekuensi
tinggi yang membawa data digital di saluran telepon. Pada bagian pelanggan
dipasang pemisah sinyal (splitter) yang memisahkan sinyal frekuensi tinggi agar
tidak mengganggu sinyal pembicaraan dan sinyal fungsi operasional pesawat
telepon. Dengan demikian, kamu tetap bisa melakukan panggilan telepon ketika
sedang berinternet. Sinyal data frekuensi tinggi diproses dalam modem DSL guna
melangsungkan koneksi internet antara pelanggan dengan ISP.ISDN merupakan komunikasi melalui jaringan telepon yang dapat memisahkan aplikasi suara (data analog) dengan data nonsuara seperti teks, gambar, dan video (data digital) pada jaringan yang sama. ISDN dikembangkan pada jaringan telepon. Modem ISDN tidak mengubah data digital menjadi data analog atau sebaliknya seperti pada modem dial up (tidak ada proses modulasi dan demodulasi). Modem ISDN hanya memproses data digital antara komputer dengan jaringan ISDN. Kecepatan transfer data dengan layanan ini mencapai 128 kbps, lebih cepat bila dibandingkan dengan kecepatan koneksi dial up.
-Modem DSL langsung terhubung dengan ISP dari pertama dihidupkan dan menjaga koneksi ini tetap berlangsung. Kebanyakan modem ini mampu membagi koneksi internet dari ISP ke beberapa komputer menggunakan port Lokal Area Network (LAN) atau wireless LAN.
Kecepatan DSL mencapai ratusan kbps hingga beberapa Mbps. Ada dua jenis teknologi DSL, yaitu ASDL (Asymmetric Digital Subscriber Line) dan SSDL (Symmetric Digital Subscriber Line). Selain itu tersedia juga layanan DSL yang lebih cepat dibandingkan DSL standar, yaitu HDSL (High data-rate DSL) dan VDSL (Very high data-rate DSL).
-Satelite VSAT,
Koneksi menggunakan satelite merupakan koneksi yang cukup cepat namun termahal. Koneksi ini kita harus menggunakan sebuah payung [ parabola khusus ] untuk menangkap signal satelit.
- kecepatan dari 64 hingga 2mb [ berlaku hanya di Indonesia ] international lebih dari 2mb.
- biaya fix rate bulanan by speed for unlimited use.
- lokasi ditentukan oleh ISP yang menyediakan fasilitas ini.
Slide 24
Modul 1.3.1.1
The Converging Network
Jaringan modern
yang terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan pengguna . Jaringan data awal
ini terbatas pada pertukaran informasi berbasis karakter antara sistem komputer
yang terhubung . Telepon tradisional , radio , dan jaringan televisi yang
dikelola secara terpisah dari jaringan data . Di masa lalu , setiap satu dari
layanan ini dibutuhkan jaringan khusus , dengan saluran komunikasi yang berbeda
dan teknologi yang berbeda untuk membawa sinyal komunikasi tertentu. Setiap
layanan memiliki set sendiri aturan dan standar untuk memastikan komunikasi
yang sukses .
Pertimbangkan sebuah sekolah yang dibangun empat puluh tahun yang lalu . Waktu itu, ruang kelas mengirim telegram untuk jaringan data, jaringan telepon , dan jaringan video untuk televisi . Ini jaringan yang terpisah yang berbeda , yang berarti bahwa mereka tidak bisa berkomunikasi satu sama lain , seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1 .
Kemajuan teknologi yang memungkinkan kita untuk mengkonsolidasikan berbagai jenis jaringan ke satu platform disebut sebagai " konvergensi jaringan " . Tidak seperti jaringan yang berdedikasi , jaringan konvergensi mampu memberikan suara, video stream , teks , dan grafis antara berbagai jenis perangkat melalui saluran komunikasi yang sama dan struktur jaringan , seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2 . Bentuk komunikasi yang sebelumnya terpisah dan berbeda telah berkumpul ke sebuah platform umum . Platform ini menyediakan akses ke berbagai metode komunikasi alternatif dan baru yang memungkinkan orang untuk berinteraksi langsung dengan satu sama lain hampir seketika .
Pada jaringan terkonvergensi masih ada banyak titik kontak dan banyak perangkat khusus seperti , komputer pribadi, telepon , TV , dan komputer tablet , tapi ada satu infrastruktur jaringan yang umum . Infrastruktur jaringan ini menggunakan aturan yang sama , perjanjian , dan standar pelaksanaan .
Pertimbangkan sebuah sekolah yang dibangun empat puluh tahun yang lalu . Waktu itu, ruang kelas mengirim telegram untuk jaringan data, jaringan telepon , dan jaringan video untuk televisi . Ini jaringan yang terpisah yang berbeda , yang berarti bahwa mereka tidak bisa berkomunikasi satu sama lain , seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1 .
Kemajuan teknologi yang memungkinkan kita untuk mengkonsolidasikan berbagai jenis jaringan ke satu platform disebut sebagai " konvergensi jaringan " . Tidak seperti jaringan yang berdedikasi , jaringan konvergensi mampu memberikan suara, video stream , teks , dan grafis antara berbagai jenis perangkat melalui saluran komunikasi yang sama dan struktur jaringan , seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2 . Bentuk komunikasi yang sebelumnya terpisah dan berbeda telah berkumpul ke sebuah platform umum . Platform ini menyediakan akses ke berbagai metode komunikasi alternatif dan baru yang memungkinkan orang untuk berinteraksi langsung dengan satu sama lain hampir seketika .
Pada jaringan terkonvergensi masih ada banyak titik kontak dan banyak perangkat khusus seperti , komputer pribadi, telepon , TV , dan komputer tablet , tapi ada satu infrastruktur jaringan yang umum . Infrastruktur jaringan ini menggunakan aturan yang sama , perjanjian , dan standar pelaksanaan .
Slide 25
Modul 1.3.1.2
Planning for the Future
Konvergensi
dari berbagai jenis jaringan komunikasi ke dalam satu platform merupakan tahap
pertama dalam membangun jaringan informasi yang cerdas . Kami sedang dalam
tahap evolusi jaringan . Tahap berikutnya akan untuk mengkonsolidasikan tidak
hanya berbagai jenis pesan ke jaringan tunggal , tetapi juga mengkonsolidasikan
aplikasi yang menghasilkan, mengirimkan , dan aman pesan ke perangkat jaringan
terintegrasi .
Tidak hanya akan suara dan video ditransmisikan melalui jaringan yang sama , perangkat yang melakukan switching telepon dan penyiaran video akan menjadi perangkat yang sama bahwa rute pesan melalui jaringan . Hasil platform komunikasi akan menyediakan fungsionalitas aplikasi berkualitas tinggi dengan biaya berkurang .
Tidak hanya akan suara dan video ditransmisikan melalui jaringan yang sama , perangkat yang melakukan switching telepon dan penyiaran video akan menjadi perangkat yang sama bahwa rute pesan melalui jaringan . Hasil platform komunikasi akan menyediakan fungsionalitas aplikasi berkualitas tinggi dengan biaya berkurang .
Slide 26
Modul 1.3.2.1
Supporting Network
Architecture
Jaringan harus mendukung berbagai aplikasi dan layanan, serta beroperasi lebih dari berbagai jenis kabel dan perangkat, yang membentuk infrastruktur fisik. Arsitektur jaringan panjang, dalam konteks ini, mengacu pada teknologi yang mendukung infrastruktur dan layanan diprogram dan aturan, atau protokol, yang memindahkan pesan di seluruh jaringan.
Sebagai jaringan berkembang, kami menemukan bahwa ada empat karakteristik dasar yang mendasari arsitektur perlu alamat dalam rangka memenuhi harapan pengguna:
Toleransi kesalahan (Gambar 1)
Skalabilitas (Gambar 2)
Quality of Service (QoS) (Gambar 3)
Keamanan (Gambar 4)
Sebagai jaringan berkembang, kami menemukan bahwa ada empat karakteristik dasar yang mendasari arsitektur perlu alamat dalam rangka memenuhi harapan pengguna:
Toleransi kesalahan (Gambar 1)
Skalabilitas (Gambar 2)
Quality of Service (QoS) (Gambar 3)
Keamanan (Gambar 4)
Slide 27
Modul 1.3.2.2
Fault Tolerance in Circuit Switched Network
Harapannya adalah bahwa internet selalu tersedia untuk jutaan pengguna yang bergantung pada itu. Hal ini memerlukan arsitektur jaringan yang dibangun untuk menjadi fault tolerant . Sebuah jaringan fault tolerant adalah salah satu yang membatasi dampak dari kegagalan , sehingga jumlah paling sedikit perangkat yang terpengaruh olehnya . Hal ini juga dibangun dengan cara yang memungkinkan pemulihan yang cepat ketika terjadi kegagalan tersebut . Jaringan ini tergantung pada beberapa jalur antara sumber dan tujuan pesan . Jika satu jalur gagal , pesan dapat langsung dikirim melalui link yang berbeda . Memiliki beberapa jalur ke tujuan dikenal sebagai redundansi.
Circuit -Switched Networks Connection - Oriented
Untuk memahami kebutuhan untuk redundansi , kita dapat melihat bagaimana sistem telepon awal bekerja . Ketika seseorang membuat panggilan menggunakan satu set telepon tradisional , panggilan pertama pergi melalui proses setup. Proses ini mengidentifikasi telepon switching lokasi antara orang yang membuat panggilan ( sumber ) dan set ponsel menerima panggilan ( tujuan ) . Sebuah jalan sementara, atau sirkuit , diciptakan untuk durasi panggilan telepon. Jika ada link atau perangkat di sirkuit gagal , panggilan dijatuhkan . Untuk menyambung kembali , panggilan baru harus dibuat , dengan sirkuit baru . Proses koneksi ini disebut sebagai proses circuit-switched dan diilustrasikan pada gambar.
Banyak jaringan circuit-switched memberikan prioritas untuk koneksi sirkuit yang ada dengan mengorbankan permintaan sirkuit baru . Setelah sirkuit didirikan , bahkan jika tidak ada komunikasi yang terjadi antara orang-orang di kedua ujung panggilan , sirkuit tetap terhubung dan sumber daya yang digunakan sampai salah satu pihak memutus panggilan . Karena hanya ada begitu banyak sirkuit yang dapat dibuat , adalah mungkin untuk mendapatkan pesan bahwa semua sirkuit yang sibuk dan panggilan tidak dapat ditempatkan . Biaya untuk membuat banyak jalan alternatif dengan kapasitas yang cukup untuk mendukung sejumlah besar sirkuit simultan , dan teknologi yang diperlukan untuk secara dinamis menciptakan sirkuit jatuh dalam hal kegagalan , mengapa circuit switched teknologi tidak optimal untuk internet .
Harapannya adalah bahwa internet selalu tersedia untuk jutaan pengguna yang bergantung pada itu. Hal ini memerlukan arsitektur jaringan yang dibangun untuk menjadi fault tolerant . Sebuah jaringan fault tolerant adalah salah satu yang membatasi dampak dari kegagalan , sehingga jumlah paling sedikit perangkat yang terpengaruh olehnya . Hal ini juga dibangun dengan cara yang memungkinkan pemulihan yang cepat ketika terjadi kegagalan tersebut . Jaringan ini tergantung pada beberapa jalur antara sumber dan tujuan pesan . Jika satu jalur gagal , pesan dapat langsung dikirim melalui link yang berbeda . Memiliki beberapa jalur ke tujuan dikenal sebagai redundansi.
Circuit -Switched Networks Connection - Oriented
Untuk memahami kebutuhan untuk redundansi , kita dapat melihat bagaimana sistem telepon awal bekerja . Ketika seseorang membuat panggilan menggunakan satu set telepon tradisional , panggilan pertama pergi melalui proses setup. Proses ini mengidentifikasi telepon switching lokasi antara orang yang membuat panggilan ( sumber ) dan set ponsel menerima panggilan ( tujuan ) . Sebuah jalan sementara, atau sirkuit , diciptakan untuk durasi panggilan telepon. Jika ada link atau perangkat di sirkuit gagal , panggilan dijatuhkan . Untuk menyambung kembali , panggilan baru harus dibuat , dengan sirkuit baru . Proses koneksi ini disebut sebagai proses circuit-switched dan diilustrasikan pada gambar.
Banyak jaringan circuit-switched memberikan prioritas untuk koneksi sirkuit yang ada dengan mengorbankan permintaan sirkuit baru . Setelah sirkuit didirikan , bahkan jika tidak ada komunikasi yang terjadi antara orang-orang di kedua ujung panggilan , sirkuit tetap terhubung dan sumber daya yang digunakan sampai salah satu pihak memutus panggilan . Karena hanya ada begitu banyak sirkuit yang dapat dibuat , adalah mungkin untuk mendapatkan pesan bahwa semua sirkuit yang sibuk dan panggilan tidak dapat ditempatkan . Biaya untuk membuat banyak jalan alternatif dengan kapasitas yang cukup untuk mendukung sejumlah besar sirkuit simultan , dan teknologi yang diperlukan untuk secara dinamis menciptakan sirkuit jatuh dalam hal kegagalan , mengapa circuit switched teknologi tidak optimal untuk internet .
Slide 28
Modul 1.3.2.3
Packet-Switched Networks
Dalam
mencari jaringan yang lebih fault tolerant , para desainer Internet awal
diteliti packet switched network . Premis untuk jenis jaringan adalah bahwa
pesan tunggal dapat dipecah menjadi beberapa blok-blok pesan , dengan
masing-masing blok pesan yang berisi informasi pengalamatan untuk menunjukkan
titik originasi dan tujuan akhir . Menggunakan informasi ini tertanam ,
blok-blok pesan , disebut paket , dapat dikirim melalui jaringan di sepanjang
berbagai jalan , dan dapat disusun kembali menjadi pesan asli bila mencapai
tujuan mereka , seperti yang diilustrasikan pada gambar .
Perangkat dalam jaringan itu sendiri biasanya tidak menyadari isi dari paket individu . Hanya terlihat adalah alamat tujuan akhir . Alamat ini sering disebut sebagai alamat IP , diwakili dalam format desimal bertitik seperti 10.10.10.10 . Tiap paket dikirim secara independen dari satu lokasi ke lokasi lain . Pada setiap lokasi , keputusan routing dibuat untuk jalan mana yang digunakan untuk meneruskan paket menuju tujuan akhir. Ini akan seperti menulis pesan panjang untuk teman menggunakan sepuluh kartu pos . Setiap pos memiliki alamat tujuan penerima . Sebagai kartu pos akan diteruskan melalui sistem pos , alamat tujuan digunakan untuk menentukan jalur berikutnya yang harus mengambil kartu pos . Akhirnya , mereka akan dikirimkan ke alamat di kartu pos .
Jika jalur yang digunakan sebelumnya tidak lagi tersedia, fungsi routing yang dinamis dapat memilih jalur terbaik berikutnya yang tersedia . Karena pesan yang dikirim dalam potongan , bukan sebagai pesan tunggal lengkap , beberapa paket yang mungkin hilang dapat dipancarkan kembali ke tujuan di sepanjang jalan yang berbeda . Dalam banyak kasus , perangkat tujuan tidak menyadari bahwa setiap kegagalan atau rerouting terjadi . Menggunakan analogi kartu pos kami , jika salah satu dari kartu pos hilang di sepanjang jalan , hanya kartu pos yang perlu dikirimkan lagi.
Kebutuhan untuk satu , sirkuit pendiam dari end-to -end tidak ada dalam jaringan diaktifkan paket. Setiap bagian dari pesan dapat dikirim melalui jaringan menggunakan jalur yang tersedia . Selain itu , paket yang berisi potongan pesan dari sumber yang berbeda dapat melakukan perjalanan jaringan pada waktu yang sama . Dengan menyediakan sebuah metode untuk secara dinamis menggunakan jalur berlebihan , tanpa intervensi oleh pengguna , Internet telah menjadi metode fault tolerant komunikasi . Dalam analogi surat kami , seperti kartu pos kami perjalanan melalui sistem pos mereka akan berbagi transportasi dengan kartu pos lain, surat dan paket . Sebagai contoh , salah satu kartu pos dapat ditempatkan pada pesawat terbang , bersama dengan banyak paket lain dan surat-surat yang sedang diangkut menuju tujuan akhir mereka .
Meskipun paket-switched jaringan connectionless adalah infrastruktur utama untuk Internet saat ini , ada beberapa manfaat untuk sistem connection-oriented seperti sistem telepon circuit-switched . Karena sumber daya di berbagai lokasi beralih berdedikasi untuk menyediakan jumlah terbatas sirkuit , kualitas dan konsistensi pesan ditransmisikan di jaringan berorientasi koneksi dapat dijamin . Manfaat lain adalah bahwa penyedia layanan dapat mengisi pengguna jaringan untuk periode waktu yang sambungan aktif . Kemampuan untuk membebankan pengguna untuk koneksi aktif melalui jaringan adalah premis mendasar dari industry pelayanan telekomunikasi
Perangkat dalam jaringan itu sendiri biasanya tidak menyadari isi dari paket individu . Hanya terlihat adalah alamat tujuan akhir . Alamat ini sering disebut sebagai alamat IP , diwakili dalam format desimal bertitik seperti 10.10.10.10 . Tiap paket dikirim secara independen dari satu lokasi ke lokasi lain . Pada setiap lokasi , keputusan routing dibuat untuk jalan mana yang digunakan untuk meneruskan paket menuju tujuan akhir. Ini akan seperti menulis pesan panjang untuk teman menggunakan sepuluh kartu pos . Setiap pos memiliki alamat tujuan penerima . Sebagai kartu pos akan diteruskan melalui sistem pos , alamat tujuan digunakan untuk menentukan jalur berikutnya yang harus mengambil kartu pos . Akhirnya , mereka akan dikirimkan ke alamat di kartu pos .
Jika jalur yang digunakan sebelumnya tidak lagi tersedia, fungsi routing yang dinamis dapat memilih jalur terbaik berikutnya yang tersedia . Karena pesan yang dikirim dalam potongan , bukan sebagai pesan tunggal lengkap , beberapa paket yang mungkin hilang dapat dipancarkan kembali ke tujuan di sepanjang jalan yang berbeda . Dalam banyak kasus , perangkat tujuan tidak menyadari bahwa setiap kegagalan atau rerouting terjadi . Menggunakan analogi kartu pos kami , jika salah satu dari kartu pos hilang di sepanjang jalan , hanya kartu pos yang perlu dikirimkan lagi.
Kebutuhan untuk satu , sirkuit pendiam dari end-to -end tidak ada dalam jaringan diaktifkan paket. Setiap bagian dari pesan dapat dikirim melalui jaringan menggunakan jalur yang tersedia . Selain itu , paket yang berisi potongan pesan dari sumber yang berbeda dapat melakukan perjalanan jaringan pada waktu yang sama . Dengan menyediakan sebuah metode untuk secara dinamis menggunakan jalur berlebihan , tanpa intervensi oleh pengguna , Internet telah menjadi metode fault tolerant komunikasi . Dalam analogi surat kami , seperti kartu pos kami perjalanan melalui sistem pos mereka akan berbagi transportasi dengan kartu pos lain, surat dan paket . Sebagai contoh , salah satu kartu pos dapat ditempatkan pada pesawat terbang , bersama dengan banyak paket lain dan surat-surat yang sedang diangkut menuju tujuan akhir mereka .
Meskipun paket-switched jaringan connectionless adalah infrastruktur utama untuk Internet saat ini , ada beberapa manfaat untuk sistem connection-oriented seperti sistem telepon circuit-switched . Karena sumber daya di berbagai lokasi beralih berdedikasi untuk menyediakan jumlah terbatas sirkuit , kualitas dan konsistensi pesan ditransmisikan di jaringan berorientasi koneksi dapat dijamin . Manfaat lain adalah bahwa penyedia layanan dapat mengisi pengguna jaringan untuk periode waktu yang sambungan aktif . Kemampuan untuk membebankan pengguna untuk koneksi aktif melalui jaringan adalah premis mendasar dari industry pelayanan telekomunikasi
Slide 29
Modul 1.3.2.4
Scalable Networks
Ribuan pengguna
baru dan penyedia layanan terhubung ke Internet setiap minggu . Dalam rangka
untuk Internet untuk mendukung jumlah ini cepat pertumbuhan, harus terukur .
Sebuah jaringan scalable dapat memperluas dengan cepat untuk mendukung pengguna
baru dan aplikasi tanpa mempengaruhi kinerja pelayanan yang disampaikan kepada
pengguna yang ada . Angka-angka menunjukkan struktur Internet.
Fakta bahwa internet mampu memperluas pada tingkat bahwa itu adalah , tanpa serius mempengaruhi kinerja dialami oleh pengguna individu , adalah fungsi dari desain protokol dan teknologi yang mendasari yang dibangun . Internet memiliki struktur berlapis hirarkis untuk mengatasi , untuk penamaan , dan layanan konektivitas . Akibatnya , lalu lintas jaringan yang diperuntukkan untuk layanan lokal atau regional tidak perlu untuk melintasi ke titik pusat untuk distribusi . Layanan umum dapat diduplikasi di berbagai daerah , dengan demikian menjaga lalu lintas dari jaringan backbone tingkat yang lebih tinggi .
Skalabilitas juga mengacu pada kemampuan untuk menerima produk baru dan aplikasi . Meskipun tidak ada organisasi tunggal yang mengatur Internet, jaringan banyak individu yang menyediakan konektivitas internet bekerjasama untuk mengikuti standar yang diterima dan protokol . Kepatuhan terhadap standar memungkinkan produsen hardware dan software untuk berkonsentrasi pada pengembangan produk dan perbaikan di bidang kinerja dan kapasitas , mengetahui bahwa produk-produk baru dapat berintegrasi dengan dan meningkatkan infrastruktur yang ada .
Arsitektur Internet saat ini, sementara sangat scalable , mungkin tidak selalu dapat bersaing dengan laju permintaan pengguna . Protokol baru dan struktur pengalamatan sedang dalam pengembangan untuk memenuhi meningkatnya tingkat di mana aplikasi internet dan layanan selalu ditambahkan .
Fakta bahwa internet mampu memperluas pada tingkat bahwa itu adalah , tanpa serius mempengaruhi kinerja dialami oleh pengguna individu , adalah fungsi dari desain protokol dan teknologi yang mendasari yang dibangun . Internet memiliki struktur berlapis hirarkis untuk mengatasi , untuk penamaan , dan layanan konektivitas . Akibatnya , lalu lintas jaringan yang diperuntukkan untuk layanan lokal atau regional tidak perlu untuk melintasi ke titik pusat untuk distribusi . Layanan umum dapat diduplikasi di berbagai daerah , dengan demikian menjaga lalu lintas dari jaringan backbone tingkat yang lebih tinggi .
Skalabilitas juga mengacu pada kemampuan untuk menerima produk baru dan aplikasi . Meskipun tidak ada organisasi tunggal yang mengatur Internet, jaringan banyak individu yang menyediakan konektivitas internet bekerjasama untuk mengikuti standar yang diterima dan protokol . Kepatuhan terhadap standar memungkinkan produsen hardware dan software untuk berkonsentrasi pada pengembangan produk dan perbaikan di bidang kinerja dan kapasitas , mengetahui bahwa produk-produk baru dapat berintegrasi dengan dan meningkatkan infrastruktur yang ada .
Arsitektur Internet saat ini, sementara sangat scalable , mungkin tidak selalu dapat bersaing dengan laju permintaan pengguna . Protokol baru dan struktur pengalamatan sedang dalam pengembangan untuk memenuhi meningkatnya tingkat di mana aplikasi internet dan layanan selalu ditambahkan .
Google Terjemahan untuk Bisnis:Perangkat PenerjemahPenerjemah Situs WebPeluang Pasar Global
Slide 30
Modul 1.3.2.5
Providing Quality of Service(QoS)
Contoh
keputusan prioritas bagi suatu organisasi dapat mencakup:
Komunikasi yang sensitif terhadap waktu - peningkatan prioritas untuk layanan seperti distribusi telepon atau video.
Non komunikasi sensitif terhadap waktu - penurunan prioritas untuk halaman web pengambilan atau email.
Tinggi pentingnya organisasi - meningkatkan prioritas untuk kontrol produksi atau data transaksi bisnis.
Komunikasi yang tidak diinginkan - penurunan prioritas atau memblokir aktivitas yang tidak diinginkan, seperti file sharing peer-to-peer atau hiburan
Komunikasi yang sensitif terhadap waktu - peningkatan prioritas untuk layanan seperti distribusi telepon atau video.
Non komunikasi sensitif terhadap waktu - penurunan prioritas untuk halaman web pengambilan atau email.
Tinggi pentingnya organisasi - meningkatkan prioritas untuk kontrol produksi atau data transaksi bisnis.
Komunikasi yang tidak diinginkan - penurunan prioritas atau memblokir aktivitas yang tidak diinginkan, seperti file sharing peer-to-peer atau hiburan
Slide 31
Modul 1.3.26
Providing Network Security
Internet telah berkembang
dari sebuah internetwork dikontrol ketat organisasi pendidikan dan pemerintah untuk
sarana diakses secara luas untuk transmisi bisnis dan komunikasi pribadi .
Akibatnya , persyaratan keamanan jaringan telah berubah . Infrastruktur
jaringan , layanan , dan data yang . pada jaringan perangkat yang terpasang
adalah aset pribadi dan bisnis penting Mengorbankan integritas aset-aset ini
bisa memiliki konsekuensi serius, seperti :
-Jaringan pemadaman yang mencegah komunikasi dan transaksi dari terjadi , dengan konsekuensi kehilangan bisnis
-Kekayaan intelektual ( ide penelitian , paten , atau desain ) yang dicuri dan digunakan oleh pesaing
-Informasi pribadi atau swasta yang terancam atau dipublikasikan tanpa persetujuan pengguna
-Penyesatan dan hilangnya dana pribadi atau bisnis
-Hilangnya data penting yang membutuhkan tenaga kerja yang signifikan untuk mengganti , atau tak tergantikan
Ada dua jenis masalah keamanan jaringan yang harus diatasi : keamanan infrastruktur jaringan dan keamanan informasi .
-Mengamankan infrastruktur jaringan meliputi fisik mengamankan perangkat yang menyediakan konektivitas jaringan dan mencegah akses tidak sah ke perangkat lunak manajemen yang berada pada mereka .
-Informasi keamanan mengacu untuk melindungi informasi yang terkandung dalam paket yang dikirim melalui jaringan dan informasi yang tersimpan pada perangkat jaringan terpasang Keamanan kebijakan yang diambil dalam jaringan harus:
- Mencegah pengungkapan yang tidak sah
- Mencegah pencurian informasi ( Gambar 1 )
- Mencegah modifikasi yang tidak sah dari informasi
- Mencegah Denial of Service ( DoS )
Dalam rangka mencapai tujuan keamanan jaringan , ada tiga syarat utama , seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2 :
1. Memastikan kerahasiaan - kerahasiaan data berarti bahwa hanya penerima yang dituju dan berwenang - individu , proses , atau perangkat - . Dapat mengakses dan membaca data ini dicapai dengan memiliki sistem yang kuat untuk otentikasi pengguna , menegakkan password yang sulit ditebak , dan membutuhkan pengguna mengubah mereka sering . Enkripsi data , sehingga hanya penerima yang dimaksud dapat membacanya , juga merupakan bagian dari kerahasiaan .
2. Menjaga integritas komunikasi - Integritas data berarti memiliki jaminan bahwa informasi tersebut tidak diubah dalam transmisi , dari asal ke tujuan integritas data dapat dikompromikan bila informasi telah rusak - .. Dengan sengaja atau tanpa sengaja Integritas data dimungkinkan dengan meminta validasi dari pengirim serta menggunakan mekanisme untuk memvalidasi bahwa paket tidak berubah selama transmisi .
3. Memastikan ketersediaan - .. Ketersediaan berarti memiliki kepastian akses yang tepat dan dapat diandalkan untuk layanan data untuk pengguna yang berwenang Jaringan perangkat firewall , bersama dengan desktop dan server perangkat lunak antivirus dapat memastikan keandalan sistem dan kekokohan untuk mendeteksi , mengusir , dan mengatasi serangan tersebut Bangunan infrastruktur jaringan sepenuhnya berlebihan , dengan beberapa titik tunggal kegagalan , dapat mengurangi dampak dari ancaman-ancaman.
-Jaringan pemadaman yang mencegah komunikasi dan transaksi dari terjadi , dengan konsekuensi kehilangan bisnis
-Kekayaan intelektual ( ide penelitian , paten , atau desain ) yang dicuri dan digunakan oleh pesaing
-Informasi pribadi atau swasta yang terancam atau dipublikasikan tanpa persetujuan pengguna
-Penyesatan dan hilangnya dana pribadi atau bisnis
-Hilangnya data penting yang membutuhkan tenaga kerja yang signifikan untuk mengganti , atau tak tergantikan
Ada dua jenis masalah keamanan jaringan yang harus diatasi : keamanan infrastruktur jaringan dan keamanan informasi .
-Mengamankan infrastruktur jaringan meliputi fisik mengamankan perangkat yang menyediakan konektivitas jaringan dan mencegah akses tidak sah ke perangkat lunak manajemen yang berada pada mereka .
-Informasi keamanan mengacu untuk melindungi informasi yang terkandung dalam paket yang dikirim melalui jaringan dan informasi yang tersimpan pada perangkat jaringan terpasang Keamanan kebijakan yang diambil dalam jaringan harus:
- Mencegah pengungkapan yang tidak sah
- Mencegah pencurian informasi ( Gambar 1 )
- Mencegah modifikasi yang tidak sah dari informasi
- Mencegah Denial of Service ( DoS )
Dalam rangka mencapai tujuan keamanan jaringan , ada tiga syarat utama , seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2 :
1. Memastikan kerahasiaan - kerahasiaan data berarti bahwa hanya penerima yang dituju dan berwenang - individu , proses , atau perangkat - . Dapat mengakses dan membaca data ini dicapai dengan memiliki sistem yang kuat untuk otentikasi pengguna , menegakkan password yang sulit ditebak , dan membutuhkan pengguna mengubah mereka sering . Enkripsi data , sehingga hanya penerima yang dimaksud dapat membacanya , juga merupakan bagian dari kerahasiaan .
2. Menjaga integritas komunikasi - Integritas data berarti memiliki jaminan bahwa informasi tersebut tidak diubah dalam transmisi , dari asal ke tujuan integritas data dapat dikompromikan bila informasi telah rusak - .. Dengan sengaja atau tanpa sengaja Integritas data dimungkinkan dengan meminta validasi dari pengirim serta menggunakan mekanisme untuk memvalidasi bahwa paket tidak berubah selama transmisi .
3. Memastikan ketersediaan - .. Ketersediaan berarti memiliki kepastian akses yang tepat dan dapat diandalkan untuk layanan data untuk pengguna yang berwenang Jaringan perangkat firewall , bersama dengan desktop dan server perangkat lunak antivirus dapat memastikan keandalan sistem dan kekokohan untuk mendeteksi , mengusir , dan mengatasi serangan tersebut Bangunan infrastruktur jaringan sepenuhnya berlebihan , dengan beberapa titik tunggal kegagalan , dapat mengurangi dampak dari ancaman-ancaman.
Slide 32
Modul 1.4.1.1
New trend Network
Sebagai teknologi baru dan
perangkat pengguna akhir datang ke pasar, bisnis dan konsumen harus terus
menyesuaikan diri dengan lingkungan yang selalu berubah . Peran jaringan adalah
mengubah untuk mengaktifkan koneksi orang , perangkat , dan informasi . Ada
beberapa tren jaringan baru yang akan mempengaruhi organisasi dan konsumen .
Beberapa tren utama antara lain :
-Setiap perangkat , konten apapun, dengan cara apapun
-kolaborasi online
-Video
-Cloud computing
Kecenderungan ini saling berhubungan dan akan terus membangun off dari satu sama lain dalam tahun-tahun mendatang . Pasangan berikutnya akan mencakup topik tren ini secara lebih rinci .
Namun perlu diingat , tren baru sedang bermimpi dan direkayasa setiap hari. Bagaimana Anda berpikir internet akan berubah dalam 10 tahun ke depan ? 20 tahun ? Gambar 2 adalah video yang menunjukkan beberapa pikiran Cisco pada perkembangan masa depan .
-Setiap perangkat , konten apapun, dengan cara apapun
-kolaborasi online
-Video
-Cloud computing
Kecenderungan ini saling berhubungan dan akan terus membangun off dari satu sama lain dalam tahun-tahun mendatang . Pasangan berikutnya akan mencakup topik tren ini secara lebih rinci .
Namun perlu diingat , tren baru sedang bermimpi dan direkayasa setiap hari. Bagaimana Anda berpikir internet akan berubah dalam 10 tahun ke depan ? 20 tahun ? Gambar 2 adalah video yang menunjukkan beberapa pikiran Cisco pada perkembangan masa depan .
Slide 33
Modul 1.4.1.2
Membawa Perangkat Anda Sendiri ( BYOD )
Konsep perangkat apapun , untuk konten apapun , dengan cara apapun adalah tren global utama yang membutuhkan perubahan yang signifikan dengan cara perangkat yang digunakan . Tren ini dikenal sebagai Bawa Perangkat Anda Sendiri ( BYOD ) .
BYOD adalah tentang pengguna akhir memiliki kebebasan untuk menggunakan alat pribadi untuk mengakses informasi dan berkomunikasi di bisnis atau kampus jaringan . Dengan pertumbuhan perangkat konsumen , dan penurunan terkait dalam biaya , karyawan dan mahasiswa dapat diharapkan untuk memiliki beberapa komputasi yang paling canggih dan alat jaringan untuk penggunaan pribadi . Alat-alat pribadi termasuk laptop , netbook , tablet , smartphone , dan e - pembaca . Ini dapat perangkat yang dibeli oleh perusahaan atau sekolah , dibeli oleh individu , atau keduanya .
BYOD berarti perangkat apapun , dengan kepemilikan, digunakan di mana saja . Sebagai contoh, di masa lalu , seorang mahasiswa yang diperlukan untuk mengakses jaringan kampus atau Internet harus menggunakan salah satu komputer sekolah . Perangkat ini biasanya terbatas dan dipandang sebagai alat hanya untuk pekerjaan yang dilakukan di kelas atau di perpustakaan . Konektivitas diperpanjang melalui ponsel dan remote akses ke jaringan kampus memberikan siswa fleksibilitas yang luar biasa dan kesempatan belajar lebih banyak bagi siswa .
BYOD merupakan tren berpengaruh yang telah atau akan menyentuh setiap organisasi TI .
Konsep perangkat apapun , untuk konten apapun , dengan cara apapun adalah tren global utama yang membutuhkan perubahan yang signifikan dengan cara perangkat yang digunakan . Tren ini dikenal sebagai Bawa Perangkat Anda Sendiri ( BYOD ) .
BYOD adalah tentang pengguna akhir memiliki kebebasan untuk menggunakan alat pribadi untuk mengakses informasi dan berkomunikasi di bisnis atau kampus jaringan . Dengan pertumbuhan perangkat konsumen , dan penurunan terkait dalam biaya , karyawan dan mahasiswa dapat diharapkan untuk memiliki beberapa komputasi yang paling canggih dan alat jaringan untuk penggunaan pribadi . Alat-alat pribadi termasuk laptop , netbook , tablet , smartphone , dan e - pembaca . Ini dapat perangkat yang dibeli oleh perusahaan atau sekolah , dibeli oleh individu , atau keduanya .
BYOD berarti perangkat apapun , dengan kepemilikan, digunakan di mana saja . Sebagai contoh, di masa lalu , seorang mahasiswa yang diperlukan untuk mengakses jaringan kampus atau Internet harus menggunakan salah satu komputer sekolah . Perangkat ini biasanya terbatas dan dipandang sebagai alat hanya untuk pekerjaan yang dilakukan di kelas atau di perpustakaan . Konektivitas diperpanjang melalui ponsel dan remote akses ke jaringan kampus memberikan siswa fleksibilitas yang luar biasa dan kesempatan belajar lebih banyak bagi siswa .
BYOD merupakan tren berpengaruh yang telah atau akan menyentuh setiap organisasi TI .
Slide 34
Modul 1.4.1.3
Online Collaboration
manfaat menggabungkan alat kolaborasi menjadi strategi bisnis termasuk:
- Meningkatkan
kepuasan pelanggan - Meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan
melalui kehadiran online instan dan mekanisme komunikasi
- Meningkatkan
pilihan komunikasi - Menyediakan lebih luas saluran komunikasi ,
sambil mengurangi biaya dan meningkatkan kepuasan
- Mengoptimalkan
kinerja tim - Membangun kepercayaan dan berbagi informasi di
seluruh kelompok didistribusikan , bisnis , dan geografi untuk mempercepat
kelincahan bisnis .
- Aktifkan
pengguna ponsel - Memberikan fleksibilitas dan kepuasan kepada karyawan
dengan memungkinkan mereka untuk bekerja dari mana saja , menggunakan
perangkat pilihan .
- Meningkatkan
komunikasi organisasi - Berkomunikasi secara efektif ke seluruh
organisasi melalui forum online atau pertemuan online seluruh perusahaan
yang memungkinkan semua tingkat perusahaan untuk berpartisipasi dan merasa
dilibatkan .
- Transform
pelatihan dan manajemen acara - Memberikan strategi interaktif untuk mencapai
kinerja bisnis yang tinggi melalui pelatihan , tanpa menimbulkan biaya
perjalanan tambahan interaksi tatap muka .
- Meningkatkan
manajemen fasilitas - Menciptakan tempat kerja yang baru yang
menawarkan aman dan fleksibel pilihan bekerja untuk meningkatkan kerja
sama tim , meningkatkan produktivitas , sambil mengurangi biaya real
estate dan persyaratan kerja fisik.
Slide 35
Modul 1.4.1.4
Video Comunication
Kecenderungan lain dalam
jaringan yang sangat penting dalam komunikasi dan usaha kolaborasi video. Video
yang digunakan untuk komunikasi , kolaborasi, dan hiburan . Panggilan video
menjadi lebih populer , memfasilitasi komunikasi sebagai bagian dari jaringan
manusia. Panggilan video dapat dibuat ke dan dari mana saja dengan koneksi
internet , termasuk dari rumah atau di tempat kerja .
Panggilan video dan video conferencing terbukti sangat kuat untuk proses penjualan dan untuk melakukan bisnis . Video adalah alat yang berguna untuk melakukan bisnis di kejauhan , baik lokal maupun global . Hari ini, bisnis yang menggunakan video untuk mengubah cara mereka melakukan bisnis . Video membantu bisnis menciptakan keunggulan kompetitif , biaya yang lebih rendah dan mengurangi dampak terhadap lingkungan dengan mengurangi kebutuhan perjalanan . Gambar 1 menunjukkan tren video dalam komunikasi.
Kedua konsumen dan bisnis yang mendorong perubahan ini . Video menjadi persyaratan utama untuk kerjasama yang efektif sebagai organisasi memperpanjang melintasi batas-batas geografis dan budaya . Video pengguna sekarang menuntut kemampuan untuk melihat konten apapun , pada perangkat apapun , di mana saja .
Bisnis juga mengakui peran video untuk meningkatkan jaringan manusia. Pertumbuhan media , dan penggunaan baru untuk yang dimasukkan , yang mendorong kebutuhan untuk mengintegrasikan audio dan video ke dalam berbagai bentuk komunikasi . Konferensi audio akan hidup berdampingan dengan video conference . Alat kolaborasi dirancang untuk menghubungkan karyawan didistribusikan akan mengintegrasikan video desktop untuk membawa tim lebih dekat bersama-sama .
Ada banyak driver dan manfaat untuk termasuk strategi untuk menggunakan video . Setiap organisasi adalah unik . Yang tepat campuran, dan sifat driver untuk mengadopsi video, akan bervariasi dari satu organisasi ke organisasi , dan oleh fungsi bisnis . Pemasaran , misalnya, mungkin berfokus pada globalisasi , dan selera konsumen cepat berubah , sedangkan ( CIO ) fokus Information Officer Chief mungkin pada penghematan biaya dengan mengurangi biaya perjalanan karyawan perlu bertemu tatap muka . Gambar 2 berisi beberapa driver untuk organisasi untuk mengembangkan dan menerapkan strategi solusi video.
Gambar 3 adalah video yang memberikan melihat lebih dekat bagaimana TelePresence menggunakan video dapat dimasukkan ke dalam kehidupan sehari-hari dan bisnis.
Panggilan video dan video conferencing terbukti sangat kuat untuk proses penjualan dan untuk melakukan bisnis . Video adalah alat yang berguna untuk melakukan bisnis di kejauhan , baik lokal maupun global . Hari ini, bisnis yang menggunakan video untuk mengubah cara mereka melakukan bisnis . Video membantu bisnis menciptakan keunggulan kompetitif , biaya yang lebih rendah dan mengurangi dampak terhadap lingkungan dengan mengurangi kebutuhan perjalanan . Gambar 1 menunjukkan tren video dalam komunikasi.
Kedua konsumen dan bisnis yang mendorong perubahan ini . Video menjadi persyaratan utama untuk kerjasama yang efektif sebagai organisasi memperpanjang melintasi batas-batas geografis dan budaya . Video pengguna sekarang menuntut kemampuan untuk melihat konten apapun , pada perangkat apapun , di mana saja .
Bisnis juga mengakui peran video untuk meningkatkan jaringan manusia. Pertumbuhan media , dan penggunaan baru untuk yang dimasukkan , yang mendorong kebutuhan untuk mengintegrasikan audio dan video ke dalam berbagai bentuk komunikasi . Konferensi audio akan hidup berdampingan dengan video conference . Alat kolaborasi dirancang untuk menghubungkan karyawan didistribusikan akan mengintegrasikan video desktop untuk membawa tim lebih dekat bersama-sama .
Ada banyak driver dan manfaat untuk termasuk strategi untuk menggunakan video . Setiap organisasi adalah unik . Yang tepat campuran, dan sifat driver untuk mengadopsi video, akan bervariasi dari satu organisasi ke organisasi , dan oleh fungsi bisnis . Pemasaran , misalnya, mungkin berfokus pada globalisasi , dan selera konsumen cepat berubah , sedangkan ( CIO ) fokus Information Officer Chief mungkin pada penghematan biaya dengan mengurangi biaya perjalanan karyawan perlu bertemu tatap muka . Gambar 2 berisi beberapa driver untuk organisasi untuk mengembangkan dan menerapkan strategi solusi video.
Gambar 3 adalah video yang memberikan melihat lebih dekat bagaimana TelePresence menggunakan video dapat dimasukkan ke dalam kehidupan sehari-hari dan bisnis.
Slide 36
1. pulic clouds- Aplikasi
berbasis cloud dan layanan yang ditawarkan dalam awan publik yang dibuat
tersedia untuk masyarakat umum. Layanan mungkin bebas atau ditawarkan pada
model pay-per-gunakan, seperti membayar untuk penyimpanan online. Awan publik
menggunakan Internet untuk menyediakan layanan.
2.
Privat
clouds- Aplikasi
berbasis cloud dan layanan yang ditawarkan di awan swasta dimaksudkan untuk
organisasi tertentu atau badan, seperti pemerintah. Sebuah awan swasta dapat
diatur menggunakan jaringan pribadi organisasi, meskipun hal ini dapat mahal
untuk membangun dan memelihara. Sebuah awan swasta juga dapat dikelola oleh
organisasi luar dengan akses keamanan yang ketat.
3. Costum clouds- Ini adalah awan dibangun untuk memenuhi kebutuhan industri tertentu, seperti kesehatan atau media. Awan kustom
dapat privat atau publik.
4.
Hybrid clouds- Sebuah awan hibrida terdiri dari dua atau lebih awan (contoh: bagian
kustom, bagian umum),
di mana masing-masing bagian tetap menjadi objek yang
khas, namun keduanya terhubung
menggunakan arsitektur tunggal. Individu pada awan
hybrid akan dapat
memiliki derajat akses ke
berbagai layanan berdasarkan hak akses
pengguna
Modul 1.4.1.5
Cloud Computing
Cloud computing adalah penggunaan sumber daya komputasi ( hardware dan software ) yang disampaikan sebagai layanan melalui jaringan . Sebuah perusahaan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak di awan dan biaya layanan yang dikenakan .
Komputer lokal tidak lagi harus melakukan semua " angkat berat " ketika datang untuk menjalankan aplikasi jaringan . Jaringan komputer yang membentuk awan menangani mereka sebagai gantinya . Persyaratan perangkat keras dan perangkat lunak dari pengguna mengalami penurunan . Komputer pengguna harus berinteraksi dengan awan menggunakan perangkat lunak , yang mungkin menjadi web browser, dan jaringan awan mengurus sisanya .
Cloud computing adalah lain kecenderungan global mengubah cara kita mengakses dan menyimpan data . Cloud computing meliputi setiap layanan berbasis langganan atau bayar - per-gunakan , secara real time melalui Internet . Cloud computing memungkinkan kita untuk menyimpan file pribadi , bahkan cadangan seluruh drive hard disk kita pada server melalui Internet . Aplikasi seperti pengolah kata dan mengedit foto dapat diakses menggunakan awan .
Untuk bisnis , komputasi awan memperluas kemampuan TI tanpa memerlukan investasi dalam infrastruktur baru , pelatihan personil baru, atau lisensi perangkat lunak baru . Layanan ini tersedia sesuai permintaan dan dikirimkan ekonomis ke perangkat lain mana pun di dunia tanpa mengorbankan keamanan atau fungsi .
Istilah " cloud computing" benar-benar mengacu pada komputasi berbasis web . Online banking, toko ritel online , dan men-download musik online adalah contoh dari komputasi awan . Aplikasi awan biasanya disampaikan kepada pengguna melalui web browser . Pengguna tidak perlu memiliki perangkat lunak yang diinstal pada perangkat akhir mereka . Hal ini memungkinkan berbagai macam perangkat untuk terhubung ke awan .
Cloud computing menawarkan potensi manfaat sebagai berikut:
Fleksibilitas organisasi - Pengguna dapat mengakses informasi kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan browser web .
Kelincahan dan penyebaran cepat - departemen IT dapat fokus pada memberikan alat untuk menambang , menganalisis , dan berbagi informasi dan pengetahuan dari database , file , dan orang-orang .
Mengurangi biaya infrastruktur - Teknologi dipindahkan dari di tempat ke penyedia cloud , menghilangkan biaya hardware dan aplikasi .
Memfokuskan kembali sumber daya TI - Penghematan biaya perangkat keras dan aplikasi dapat diterapkan di tempat lain .
Penciptaan model bisnis baru - Aplikasi dan sumber daya yang mudah diakses , sehingga perusahaan dapat bereaksi dengan cepat terhadap kebutuhan pelanggan . Ini membantu mereka mengatur strategi untuk mempromosikan inovasi sementara berpotensi memasuki pasar baru .
Ada empat jenis utama dari awan , seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2 . Klik setiap awan untuk mempelajari lebih lanjut .
Cloud computing adalah penggunaan sumber daya komputasi ( hardware dan software ) yang disampaikan sebagai layanan melalui jaringan . Sebuah perusahaan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak di awan dan biaya layanan yang dikenakan .
Komputer lokal tidak lagi harus melakukan semua " angkat berat " ketika datang untuk menjalankan aplikasi jaringan . Jaringan komputer yang membentuk awan menangani mereka sebagai gantinya . Persyaratan perangkat keras dan perangkat lunak dari pengguna mengalami penurunan . Komputer pengguna harus berinteraksi dengan awan menggunakan perangkat lunak , yang mungkin menjadi web browser, dan jaringan awan mengurus sisanya .
Cloud computing adalah lain kecenderungan global mengubah cara kita mengakses dan menyimpan data . Cloud computing meliputi setiap layanan berbasis langganan atau bayar - per-gunakan , secara real time melalui Internet . Cloud computing memungkinkan kita untuk menyimpan file pribadi , bahkan cadangan seluruh drive hard disk kita pada server melalui Internet . Aplikasi seperti pengolah kata dan mengedit foto dapat diakses menggunakan awan .
Untuk bisnis , komputasi awan memperluas kemampuan TI tanpa memerlukan investasi dalam infrastruktur baru , pelatihan personil baru, atau lisensi perangkat lunak baru . Layanan ini tersedia sesuai permintaan dan dikirimkan ekonomis ke perangkat lain mana pun di dunia tanpa mengorbankan keamanan atau fungsi .
Istilah " cloud computing" benar-benar mengacu pada komputasi berbasis web . Online banking, toko ritel online , dan men-download musik online adalah contoh dari komputasi awan . Aplikasi awan biasanya disampaikan kepada pengguna melalui web browser . Pengguna tidak perlu memiliki perangkat lunak yang diinstal pada perangkat akhir mereka . Hal ini memungkinkan berbagai macam perangkat untuk terhubung ke awan .
Cloud computing menawarkan potensi manfaat sebagai berikut:
Fleksibilitas organisasi - Pengguna dapat mengakses informasi kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan browser web .
Kelincahan dan penyebaran cepat - departemen IT dapat fokus pada memberikan alat untuk menambang , menganalisis , dan berbagi informasi dan pengetahuan dari database , file , dan orang-orang .
Mengurangi biaya infrastruktur - Teknologi dipindahkan dari di tempat ke penyedia cloud , menghilangkan biaya hardware dan aplikasi .
Memfokuskan kembali sumber daya TI - Penghematan biaya perangkat keras dan aplikasi dapat diterapkan di tempat lain .
Penciptaan model bisnis baru - Aplikasi dan sumber daya yang mudah diakses , sehingga perusahaan dapat bereaksi dengan cepat terhadap kebutuhan pelanggan . Ini membantu mereka mengatur strategi untuk mempromosikan inovasi sementara berpotensi memasuki pasar baru .
Ada empat jenis utama dari awan , seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2 . Klik setiap awan untuk mempelajari lebih lanjut .
Slide 37
Modul 1.4.1.6
Technology
Trends in the Home
Cloud computing adalah
dimungkinkan karena pusat data . Sebuah pusat data adalah fasilitas yang
digunakan untuk sistem komputer rumah dan komponen terkait termasuk :
1. Redundant koneksi komunikasi data
2. Server virtual kecepatan tinggi (kadang-kadang disebut sebagai peternakan server atau cluster server
3. Sistem penyimpanan berlebihan ( biasanya menggunakan teknologi SAN )
4. Pasokan listrik berlebihan atau cadangan
5. Kontrol lingkungan ( misalnya , AC , pencegah kebakaran )
6. perangkat keamanan
Sebuah pusat data dapat menempati satu ruangan dari sebuah bangunan , satu atau lebih lantai , atau seluruh bangunan . Pusat data modern menggunakan komputasi awan dan virtualisasi untuk efisiensi untuk menangani transaksi data yang besar . Virtualisasi adalah penciptaan versi virtual dari sesuatu, seperti platform perangkat keras , sistem operasi ( OS ) , perangkat penyimpanan , atau sumber daya jaringan . Sementara komputer fisik adalah perangkat diskrit yang sebenarnya , mesin virtual terdiri dari satu set file dan program yang berjalan pada sistem fisik yang sebenarnya . Tidak seperti multitasking , yang melibatkan menjalankan beberapa program pada OS yang sama , virtualisasi menjalankan beberapa OS yang berbeda secara paralel pada CPU tunggal . Hal ini secara drastis mengurangi biaya administrasi dan biaya .
1. Redundant koneksi komunikasi data
2. Server virtual kecepatan tinggi (kadang-kadang disebut sebagai peternakan server atau cluster server
3. Sistem penyimpanan berlebihan ( biasanya menggunakan teknologi SAN )
4. Pasokan listrik berlebihan atau cadangan
5. Kontrol lingkungan ( misalnya , AC , pencegah kebakaran )
6. perangkat keamanan
Sebuah pusat data dapat menempati satu ruangan dari sebuah bangunan , satu atau lebih lantai , atau seluruh bangunan . Pusat data modern menggunakan komputasi awan dan virtualisasi untuk efisiensi untuk menangani transaksi data yang besar . Virtualisasi adalah penciptaan versi virtual dari sesuatu, seperti platform perangkat keras , sistem operasi ( OS ) , perangkat penyimpanan , atau sumber daya jaringan . Sementara komputer fisik adalah perangkat diskrit yang sebenarnya , mesin virtual terdiri dari satu set file dan program yang berjalan pada sistem fisik yang sebenarnya . Tidak seperti multitasking , yang melibatkan menjalankan beberapa program pada OS yang sama , virtualisasi menjalankan beberapa OS yang berbeda secara paralel pada CPU tunggal . Hal ini secara drastis mengurangi biaya administrasi dan biaya .
Slide 38
Modul 1.4.2.1
Technology
Trends in the Home
Tren jaringan tidak hanya
mempengaruhi cara kita berkomunikasi di tempat kerja dan di sekolah , mereka
juga mengubah hampir setiap aspek dari rumah .
Tren rumah terbaru termasuk 'teknologi rumah pintar ' . Smart teknologi rumah teknologi yang terintegrasi ke dalam peralatan sehari-hari yang memungkinkan mereka untuk menghubungkan dengan perangkat lain , membuat mereka lebih 'pintar' atau otomatis . Sebagai contoh, bayangkan mampu mempersiapkan hidangan dan tempat dalam oven untuk memasak sebelum meninggalkan rumah untuk hari . Bayangkan jika oven adalah ' sadar' dari hidangan itu memasak dan terhubung ke ' kalender acara ' Anda sehingga bisa menentukan apa waktu harus Anda tersedia untuk makan , dan menyesuaikan waktu mulai dan lama memasak sesuai. Bahkan bisa menyesuaikan waktu memasak dan suhu berdasarkan perubahan jadwal . Selain itu , koneksi smartphone atau tablet memungkinkan pengguna kemampuan untuk terhubung ke oven langsung , untuk membuat penyesuaian yang diinginkan . Ketika piring adalah "tersedia " , oven mengirimkan pesan peringatan ke akhir perangkat pengguna tertentu bahwa hidangan dilakukan dan pemanasan .
Skenario ini tidak jauh. Bahkan, teknologi rumah pintar saat ini sedang dikembangkan untuk semua kamar di dalam rumah . Teknologi rumah pintar akan menjadi lebih dari kenyataan sebagai jaringan rumah dan kecepatan tinggi teknologi internet menjadi lebih luas di rumah . Teknologi jaringan rumah baru sedang dikembangkan setiap hari untuk memenuhi jenis kebutuhan teknologi yang berkembang .
Tren rumah terbaru termasuk 'teknologi rumah pintar ' . Smart teknologi rumah teknologi yang terintegrasi ke dalam peralatan sehari-hari yang memungkinkan mereka untuk menghubungkan dengan perangkat lain , membuat mereka lebih 'pintar' atau otomatis . Sebagai contoh, bayangkan mampu mempersiapkan hidangan dan tempat dalam oven untuk memasak sebelum meninggalkan rumah untuk hari . Bayangkan jika oven adalah ' sadar' dari hidangan itu memasak dan terhubung ke ' kalender acara ' Anda sehingga bisa menentukan apa waktu harus Anda tersedia untuk makan , dan menyesuaikan waktu mulai dan lama memasak sesuai. Bahkan bisa menyesuaikan waktu memasak dan suhu berdasarkan perubahan jadwal . Selain itu , koneksi smartphone atau tablet memungkinkan pengguna kemampuan untuk terhubung ke oven langsung , untuk membuat penyesuaian yang diinginkan . Ketika piring adalah "tersedia " , oven mengirimkan pesan peringatan ke akhir perangkat pengguna tertentu bahwa hidangan dilakukan dan pemanasan .
Skenario ini tidak jauh. Bahkan, teknologi rumah pintar saat ini sedang dikembangkan untuk semua kamar di dalam rumah . Teknologi rumah pintar akan menjadi lebih dari kenyataan sebagai jaringan rumah dan kecepatan tinggi teknologi internet menjadi lebih luas di rumah . Teknologi jaringan rumah baru sedang dikembangkan setiap hari untuk memenuhi jenis kebutuhan teknologi yang berkembang .
Slide 39
Modul 1.4.2.2
Powerline networking
Powerline
jaringan adalah tren yang sedang berkembang untuk jaringan rumah yang
menggunakan kabel listrik yang ada untuk menghubungkan perangkat, seperti yang
ditunjukkan pada gambar. Konsep "tidak ada kabel baru" berarti
kemampuan untuk menghubungkan perangkat ke jaringan mana pun ada outlet
listrik. Ini menghemat biaya pemasangan kabel data dan tanpa biaya tambahan
untuk tagihan listrik. Menggunakan kabel yang sama yang memberikan listrik,
jaringan powerline mengirimkan informasi dengan mengirimkan data pada frekuensi
tertentu mirip dengan teknologi yang sama yang digunakan untuk DSL.
Menggunakan adaptor Powerline standar HomePlug, perangkat dapat terhubung ke LAN di mana pun ada outlet listrik. Powerline jaringan sangat berguna bila titik akses nirkabel tidak dapat digunakan atau tidak dapat mencapai semua perangkat di rumah. Powerline jaringan tidak dirancang untuk menjadi pengganti kabel yang didedikasikan untuk jaringan data. Namun, alternatif ketika kabel jaringan data atau komunikasi nirkabel bukan merupakan pilihan yang layak.
Menggunakan adaptor Powerline standar HomePlug, perangkat dapat terhubung ke LAN di mana pun ada outlet listrik. Powerline jaringan sangat berguna bila titik akses nirkabel tidak dapat digunakan atau tidak dapat mencapai semua perangkat di rumah. Powerline jaringan tidak dirancang untuk menjadi pengganti kabel yang didedikasikan untuk jaringan data. Namun, alternatif ketika kabel jaringan data atau komunikasi nirkabel bukan merupakan pilihan yang layak.
Slide 40
Modul 1.4.2.3
Wireless
Broadband Service
Menghubungkan ke Internet
sangat penting dalam teknologi rumah pintar . DSL dan kabel adalah teknologi
yang umum digunakan untuk menghubungkan rumah dan usaha kecil ke Internet .
Namun, nirkabel dapat menjadi pilihan lain di banyak daerah.
Wireless Internet Service Provider ( WISP )
Wireless Internet Service Provider ( WISP ) adalah sebuah ISP yang menghubungkan pelanggan ke jalur akses yang ditunjuk atau hot spot menggunakan teknologi nirkabel serupa yang ditemukan dalam jaringan area lokal nirkabel rumah ( WLAN ) . Gumpalan yang lebih umum ditemukan di lingkungan pedesaan dimana layanan DSL atau kabel tidak tersedia .
Meskipun menara transmisi yang terpisah dapat dipasang untuk antena , itu adalah umum bahwa antena terpasang ke struktur tinggi yang ada seperti menara air atau menara radio . Sebuah piring kecil atau antena dipasang di atap pelanggan dalam jangkauan pemancar WISP . Unit akses pelanggan yang terhubung ke jaringan kabel dalam rumah . Dari perspektif pengguna rumah setup tidak jauh berbeda dari DSL atau layanan kabel . Perbedaan utama adalah sambungan dari rumah ke ISP nirkabel bukan kabel fisik.
Layanan Broadband Wireless
Solusi nirkabel lain untuk rumah dan usaha kecil adalah broadband nirkabel . Ini menggunakan teknologi selular yang sama digunakan untuk mengakses internet dengan ponsel pintar atau tablet . Sebuah antena dipasang di luar rumah menyediakan baik konektivitas nirkabel atau kabel untuk perangkat di rumah . Di banyak daerah , rumah broadband nirkabel bersaing langsung dengan DSL dan layanan kabel
Wireless Internet Service Provider ( WISP )
Wireless Internet Service Provider ( WISP ) adalah sebuah ISP yang menghubungkan pelanggan ke jalur akses yang ditunjuk atau hot spot menggunakan teknologi nirkabel serupa yang ditemukan dalam jaringan area lokal nirkabel rumah ( WLAN ) . Gumpalan yang lebih umum ditemukan di lingkungan pedesaan dimana layanan DSL atau kabel tidak tersedia .
Meskipun menara transmisi yang terpisah dapat dipasang untuk antena , itu adalah umum bahwa antena terpasang ke struktur tinggi yang ada seperti menara air atau menara radio . Sebuah piring kecil atau antena dipasang di atap pelanggan dalam jangkauan pemancar WISP . Unit akses pelanggan yang terhubung ke jaringan kabel dalam rumah . Dari perspektif pengguna rumah setup tidak jauh berbeda dari DSL atau layanan kabel . Perbedaan utama adalah sambungan dari rumah ke ISP nirkabel bukan kabel fisik.
Layanan Broadband Wireless
Solusi nirkabel lain untuk rumah dan usaha kecil adalah broadband nirkabel . Ini menggunakan teknologi selular yang sama digunakan untuk mengakses internet dengan ponsel pintar atau tablet . Sebuah antena dipasang di luar rumah menyediakan baik konektivitas nirkabel atau kabel untuk perangkat di rumah . Di banyak daerah , rumah broadband nirkabel bersaing langsung dengan DSL dan layanan kabel
Slide 41
Modul 1.4.3.1
Keamanan Jaringan
Keamanan jaringan merupakan bagian integral dari jaringan komputer , terlepas dari apakah jaringan terbatas pada lingkungan rumah dengan koneksi tunggal ke Internet , atau sebagai besar sebagai perusahaan dengan ribuan pengguna . Keamanan jaringan diimplementasikan harus memperhitungkan lingkungan , serta alat dan persyaratan jaringan . Ini harus dapat mengamankan data , sementara masih memungkinkan untuk kualitas layanan yang diharapkan dari jaringan .
Mengamankan jaringan melibatkan protokol , teknologi , perangkat , peralatan, dan teknik untuk mengamankan data dan mengurangi ancaman . Banyak ancaman keamanan jaringan eksternal saat ini menyebar melalui Internet . Ancaman eksternal yang paling umum untuk jaringan meliputi:
1. Virus, worm , dan Trojan horse - perangkat lunak berbahaya dan kode sewenang-wenang yang berjalan pada perangkat pengguna
2. Spyware dan adware - perangkat lunak yang diinstal pada perangkat pengguna yang diam-diam mengumpulkan informasi tentang pengguna
3. Serangan zero-day , juga disebut serangan zero - jam - serangan yang terjadi pada hari pertama bahwa kerentanan menjadi dikenal
4. Serangan hacker / Hacker attacks - serangan oleh orang yang berpengetahuan ke perangkat pengguna atau sumber daya jaringan
5. Penolakan serangan layanan/ Denial of service attacks - serangan yang dirancang untuk memperlambat atau crash aplikasi dan proses pada perangkat jaringan
6. Intersepsi data dan pencurian/ Data interception and theft - serangan untuk menangkap informasi pribadi dari jaringan organisasi
7. Pencurian identitas/ Identity theft - serangan untuk mencuri kredensial login pengguna untuk mengakses data pribadi
Hal ini sama pentingnya untuk mempertimbangkan ancaman internal . Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pelanggaran data yang paling umum terjadi karena pengguna internal jaringan . Hal ini dapat dikaitkan dengan perangkat hilang atau dicuri , penyalahgunaan disengaja oleh karyawan , dan dalam lingkungan bisnis , bahkan karyawan berbahaya . Dengan strategi BYOD berkembang , data perusahaan jauh lebih rentan . Karena itu, ketika mengembangkan kebijakan keamanan , penting untuk mengatasi kedua ancaman keamanan eksternal dan internal .
Keamanan jaringan merupakan bagian integral dari jaringan komputer , terlepas dari apakah jaringan terbatas pada lingkungan rumah dengan koneksi tunggal ke Internet , atau sebagai besar sebagai perusahaan dengan ribuan pengguna . Keamanan jaringan diimplementasikan harus memperhitungkan lingkungan , serta alat dan persyaratan jaringan . Ini harus dapat mengamankan data , sementara masih memungkinkan untuk kualitas layanan yang diharapkan dari jaringan .
Mengamankan jaringan melibatkan protokol , teknologi , perangkat , peralatan, dan teknik untuk mengamankan data dan mengurangi ancaman . Banyak ancaman keamanan jaringan eksternal saat ini menyebar melalui Internet . Ancaman eksternal yang paling umum untuk jaringan meliputi:
1. Virus, worm , dan Trojan horse - perangkat lunak berbahaya dan kode sewenang-wenang yang berjalan pada perangkat pengguna
2. Spyware dan adware - perangkat lunak yang diinstal pada perangkat pengguna yang diam-diam mengumpulkan informasi tentang pengguna
3. Serangan zero-day , juga disebut serangan zero - jam - serangan yang terjadi pada hari pertama bahwa kerentanan menjadi dikenal
4. Serangan hacker / Hacker attacks - serangan oleh orang yang berpengetahuan ke perangkat pengguna atau sumber daya jaringan
5. Penolakan serangan layanan/ Denial of service attacks - serangan yang dirancang untuk memperlambat atau crash aplikasi dan proses pada perangkat jaringan
6. Intersepsi data dan pencurian/ Data interception and theft - serangan untuk menangkap informasi pribadi dari jaringan organisasi
7. Pencurian identitas/ Identity theft - serangan untuk mencuri kredensial login pengguna untuk mengakses data pribadi
Hal ini sama pentingnya untuk mempertimbangkan ancaman internal . Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pelanggaran data yang paling umum terjadi karena pengguna internal jaringan . Hal ini dapat dikaitkan dengan perangkat hilang atau dicuri , penyalahgunaan disengaja oleh karyawan , dan dalam lingkungan bisnis , bahkan karyawan berbahaya . Dengan strategi BYOD berkembang , data perusahaan jauh lebih rentan . Karena itu, ketika mengembangkan kebijakan keamanan , penting untuk mengatasi kedua ancaman keamanan eksternal dan internal .
Modul 1.4.3.2 soal terminology


Tidak ada solusi tunggal
yang dapat melindungi jaringan dari berbagai ancaman yang ada . Untuk alasan
ini , keamanan harus diterapkan di beberapa lapisan , menggunakan lebih dari
satu solusi keamanan . Jika salah satu komponen keamanan gagal untuk mengidentifikasi
dan melindungi jaringan , yang lain masih berdiri .
Sebuah implementasi keamanan jaringan rumah biasanya agak dasar . Hal ini umumnya diimplementasikan pada host device penghubung , serta pada titik koneksi ke Internet , dan bahkan dapat mengandalkan layanan dikontrak dari ISP .
Sebuah implementasi keamanan jaringan rumah biasanya agak dasar . Hal ini umumnya diimplementasikan pada host device penghubung , serta pada titik koneksi ke Internet , dan bahkan dapat mengandalkan layanan dikontrak dari ISP .
Sebaliknya implementasi keamanan jaringan untuk jaringan perusahaan biasanya terdiri dari banyak komponen dibangun ke dalam jaringan untuk memantau dan menyaring lalu lintas. Idealnya , semua komponen bekerja sama , yang meminimalkan pemeliharaan dan keamanan membaik.
Komponen keamanan jaringan untuk rumah atau jaringan kantor kecil harus mencakup , minimal :
1. Antivirus dan antispyware - untuk melindungi perangkat pengguna dari perangkat lunak berbahaya
2.Firewall filtering - untuk memblokir akses tidak sah ke jaringan . Ini mungkin termasuk sistem firewall berbasis host yang diimplementasikan untuk mencegah akses tidak sah ke perangkat host , atau layanan penyaringan dasar pada router rumah untuk mencegah akses yang tidak sah dari dunia luar ke dalam jaringan.
Selain di atas , jaringan yang lebih besar dan jaringan perusahaan sering memiliki persyaratan keamanan lainnya :
3. Dedicated sistem firewall - untuk memberikan kemampuan firewall yang lebih canggih yang dapat menyaring sejumlah besar lalu lintas dengan lebih granularity
4. Daftar kontrol akses ( ACL ) - untuk akses ke filter lebih lanjut dan forwarding lalu lintas
5. Sistem pencegahan intrusi/ Intrusion prevention systems ( IPS ) - untuk mengidentifikasi cepat menyebar ancaman , seperti serangan zero-day atau nol jam
6. Jaringan pribadi virtual ( VPN ) - untuk menyediakan akses yang aman ke pekerja jarak jauh
Persyaratan keamanan jaringan harus memperhitungkan lingkungan jaringan , serta berbagai aplikasi , dan persyaratan komputasi . Kedua lingkungan rumah dan bisnis harus dapat mengamankan data mereka , sementara masih memungkinkan untuk kualitas layanan yang diharapkan dari setiap teknologi . Selain itu, solusi keamanan yang diterapkan harus disesuaikan dengan tumbuh dan perubahan tren dari jaringan .
Slide 43
Komponen keamanan jaringan sering
termasuk:
Antivirus dan antispyware
firewall filtering
Sistem firewall Dedicated
Access control list (ACL)
Sistem pencegahan intrusi (IPS)
Virtual Private Networks (VPN)
Antivirus dan antispyware
firewall filtering
Sistem firewall Dedicated
Access control list (ACL)
Sistem pencegahan intrusi (IPS)
Virtual Private Networks (VPN)
Slide
44
Modul 1.4.4.1
Peran jaringan telah berubah
dari data - satunya jaringan , ke sistem yang memungkinkan koneksi orang ,
perangkat , dan informasi dalam media yang kaya , lingkungan jaringan
terkonvergensi . Agar jaringan dapat berfungsi secara efisien dan tumbuh di
lingkungan seperti ini , jaringan harus dibangun di atas arsitektur jaringan
standar .
Arsitektur jaringan mengacu pada perangkat , koneksi, dan produk-produk yang terintegrasi untuk mendukung teknologi dan aplikasi yang diperlukan . Sebuah arsitektur jaringan teknologi terencana membantu memastikan koneksi perangkat apapun di setiap kombinasi jaringan . Sambil memastikan konektivitas , juga meningkatkan efisiensi biaya dengan mengintegrasikan keamanan jaringan dan manajemen , dan meningkatkan proses bisnis . Pada dasar dari semua arsitektur jaringan , dan pada kenyataannya , pada dasar dari internet itu sendiri , adalah router dan switch . Router dan transportasi data switch , suara, dan komunikasi video, serta memungkinkan untuk akses nirkabel , dan menyediakan keamanan .
Membangun jaringan yang mendukung kebutuhan kita saat ini dan kebutuhan dan tren masa depan dimulai dengan pemahaman yang jelas yang mendasari switching dan routing infrastruktur. Setelah infrastruktur jaringan dasar routing dan switching dibangun , individu , usaha kecil , dan organisasi dapat tumbuh jaringan mereka dari waktu ke waktu , menambahkan fitur dan fungsionalitas dalam sebuah solusi terintegrasi .
Arsitektur jaringan mengacu pada perangkat , koneksi, dan produk-produk yang terintegrasi untuk mendukung teknologi dan aplikasi yang diperlukan . Sebuah arsitektur jaringan teknologi terencana membantu memastikan koneksi perangkat apapun di setiap kombinasi jaringan . Sambil memastikan konektivitas , juga meningkatkan efisiensi biaya dengan mengintegrasikan keamanan jaringan dan manajemen , dan meningkatkan proses bisnis . Pada dasar dari semua arsitektur jaringan , dan pada kenyataannya , pada dasar dari internet itu sendiri , adalah router dan switch . Router dan transportasi data switch , suara, dan komunikasi video, serta memungkinkan untuk akses nirkabel , dan menyediakan keamanan .
Membangun jaringan yang mendukung kebutuhan kita saat ini dan kebutuhan dan tren masa depan dimulai dengan pemahaman yang jelas yang mendasari switching dan routing infrastruktur. Setelah infrastruktur jaringan dasar routing dan switching dibangun , individu , usaha kecil , dan organisasi dapat tumbuh jaringan mereka dari waktu ke waktu , menambahkan fitur dan fungsionalitas dalam sebuah solusi terintegrasi .
Bordeless network =jaringan tanpa batas
Collaboration=kerja sama
Data center=pusat data
Slide 45
Keterangan modul 1.4.4.2
Seperti penggunaan ini
terintegrasi , memperluas jaringan meningkat , demikian juga kebutuhan untuk
pelatihan bagi individu yang menerapkan dan mengelola solusi jaringan .
Pelatihan ini harus dimulai dengan routing dan switching dasar . Mencapai Cisco
Certified Network Associate ( CCNA ) sertifikasi adalah langkah pertama dalam
membantu individu mempersiapkan diri untuk berkarir dalam jaringan .
Sertifikasi CCNA memvalidasi kemampuan individu untuk menginstal , mengkonfigurasi , mengoperasikan , dan atasi masalah rute menengah dan jaringan diaktifkan , termasuk pelaksanaan dan verifikasi koneksi ke situs terpencil di WAN . CCNA Kurikulum juga mencakup mitigasi dasar ancaman keamanan , pengenalan konsep jaringan nirkabel dan terminologi , dan keterampilan berbasis kinerja . Kurikulum CCNA Ini termasuk penggunaan berbagai protokol , seperti: IP , Open Shortest Path First ( OSPF ) , Serial Line Interface Protocol , Frame Relay , VLAN , Ethernet , daftar kontrol akses ( ACL ) dan lain-lain .
Kursus ini membantu mengatur panggung untuk konsep jaringan dan routing dan switching konfigurasi dasar dan merupakan awal pada jalur Anda untuk sertifikasi CCNA .
Sertifikasi CCNA memvalidasi kemampuan individu untuk menginstal , mengkonfigurasi , mengoperasikan , dan atasi masalah rute menengah dan jaringan diaktifkan , termasuk pelaksanaan dan verifikasi koneksi ke situs terpencil di WAN . CCNA Kurikulum juga mencakup mitigasi dasar ancaman keamanan , pengenalan konsep jaringan nirkabel dan terminologi , dan keterampilan berbasis kinerja . Kurikulum CCNA Ini termasuk penggunaan berbagai protokol , seperti: IP , Open Shortest Path First ( OSPF ) , Serial Line Interface Protocol , Frame Relay , VLAN , Ethernet , daftar kontrol akses ( ACL ) dan lain-lain .
Kursus ini membantu mengatur panggung untuk konsep jaringan dan routing dan switching konfigurasi dasar dan merupakan awal pada jalur Anda untuk sertifikasi CCNA .
Slide 47
Dalam bab ini,
Anda pelajari:
Jaringan dan Internet telah mengubah cara kita berkomunikasi, belajar, bekerja, dan bahkan bermain.
Jaringan datang dalam semua ukuran. Mereka dapat berkisar dari jaringan sederhana yang terdiri dari dua komputer, untuk jaringan yang menghubungkan jutaan perangkat.
Internet adalah jaringan terbesar di keberadaan. Bahkan, internet istilah berarti 'jaringan dari jaringan. Internet menyediakan layanan yang memungkinkan kita untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan keluarga, teman, pekerjaan, dan kepentingan.
Jaringan dan Internet telah mengubah cara kita berkomunikasi, belajar, bekerja, dan bahkan bermain.
Jaringan datang dalam semua ukuran. Mereka dapat berkisar dari jaringan sederhana yang terdiri dari dua komputer, untuk jaringan yang menghubungkan jutaan perangkat.
Internet adalah jaringan terbesar di keberadaan. Bahkan, internet istilah berarti 'jaringan dari jaringan. Internet menyediakan layanan yang memungkinkan kita untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan keluarga, teman, pekerjaan, dan kepentingan.
Slide 48
Dalam bab ini,
Anda pelajari:
Infrastruktur jaringan adalah platform yang mendukung jaringan. Ini menyediakan saluran stabil dan dapat diandalkan di mana komunikasi dapat terjadi. Hal ini terdiri dari komponen jaringan termasuk perangkat akhir, perangkat perantara, dan media jaringan.
Jaringan harus dapat diandalkan.
Keamanan jaringan merupakan bagian integral dari jaringan komputer, terlepas dari apakah jaringan terbatas pada lingkungan rumah dengan koneksi tunggal ke Internet, atau sebagai besar sebagai perusahaan dengan ribuan pengguna.
Infrastruktur jaringan adalah platform yang mendukung jaringan. Ini menyediakan saluran stabil dan dapat diandalkan di mana komunikasi dapat terjadi. Hal ini terdiri dari komponen jaringan termasuk perangkat akhir, perangkat perantara, dan media jaringan.
Jaringan harus dapat diandalkan.
Keamanan jaringan merupakan bagian integral dari jaringan komputer, terlepas dari apakah jaringan terbatas pada lingkungan rumah dengan koneksi tunggal ke Internet, atau sebagai besar sebagai perusahaan dengan ribuan pengguna.
Slide 49
Dalam bab ini,
Anda pelajari:
Infrastruktur jaringan dapat sangat bervariasi dalam hal ukuran, jumlah pengguna, dan jumlah dan jenis layanan yang didukung di atasnya. Infrastruktur jaringan harus tumbuh dan menyesuaikan untuk mendukung cara jaringan yang digunakan. Routing dan switching platform dasar dari setiap infrastruktur jaringan.
Infrastruktur jaringan dapat sangat bervariasi dalam hal ukuran, jumlah pengguna, dan jumlah dan jenis layanan yang didukung di atasnya. Infrastruktur jaringan harus tumbuh dan menyesuaikan untuk mendukung cara jaringan yang digunakan. Routing dan switching platform dasar dari setiap infrastruktur jaringan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar