Percakapan sehari-hari terdapat berbagai bentuk , diantaranya :
1. Small Talk / Basa basi
2. Excuses and appologize
3. Compliment
4. Giving Advice
Small Talk atau basa-basi adalah topik itu tidak boleh kontroversial sehingga kita dan lawan bicara kita jadi berdebat karenanya.
Panduan untuk melakukan basa-basi yang effektif :
1. Sensitif jika lawan bicara ingin mengakhiri pembicaraan.
2. Bicarakan hal-hal yang positif
3. Tekankan pada persamaan bukan perbedaan , karena jika ada beda pendapat akan mengakibatkan debat
4. Jawab pertanyaan dengan penjelasan yang cukup , agar lawan bicara memiliki bahan yang cukup untuk melanjutkan pembicaraan. Contohnya :
A : "kamu resign dari kantor ini?"
B : " Y"
maka A tidak akan memiliki bahan untuk melanjutkan pembicaraan , berbeda jika
A : "kamu resign dari kantor ini?"
B : "iya, saya pindah ke perusahaan X"
Excuses and Apologies :
Excuses adalah penjelasan yang dimaksudkan untuk mengurangai efek negatif dari apa yang kita lakukan dan Apologies adalah tindakan yang mengekspresikan penyesalan apa yang kita lakukan.
Jenis-jenis alasan :
1. I didn''t do it , adalah alasan jik kita tidak melakukannya
2. It wasn't so bad , alasan bahwa yang kita lakukan tidaklah buruk
3. Yes, but , kita mengakuinya tetapi memiliki alasan lain
Good Excuses :
1. Nyatakan bahwa kita mengerti masalah dan apa yang dirasakan lawan bicara
2. Tunjukan tanggung jawab dan nyatakan dengan tulus
3. Katakan bahwa kita juga tidak suka melakukan hal tersebut
4. Berjanji jika tidak akan melakukannya lagi
The apology, permintaan maaf dilakukan untuk :
1. Memperbaiki hubungan
2. Memperbaiki reputasi diri
Hal yang harus diperhatikan saat meminta maaf :
1/ Admit wrongdoing , nyatakan tanggung jawab pada kesalahan yang telah dibuat
2. Be apologetic , nyatakan permohonan maaf dengan sungguh-sungguh dan tidak melakukan pembenaran
3. Be specific , nyatakan minta maaf dalam hal apa
4. Express Understanding , nyatakan bahwa kamu mengerti perasaan lawan bicara
5. Give assurance this will not happen again
6. Omit the excuses , berhati-hati menggunakan alasan saat meminta maaf
7. Don't take the easy way to out , jangan meminta maaf lewat e-mail atau sosmed lebih baik nyatakan langsung
Complimenting adalah pesan yang berisi pujian , sanjungan atau memberikan selamat.
Compliment dapat berupa qualified dan unqualified
Qualified jika hanya berisi pujian. Contohnya " Kamu sungguh hebat dapat memenangkan kompetisi ini"
Unqualifed jika pujian yang dalam hal lain dapat berisikan sindiran atau kritik. Contohnya " Wah hebat ya kamu dapat A, tapi jika kamu belajar lebih giat kamu pasti bisa dapat A+"
Backhand compliment yaitu tidak benar-benar berisikan pujian. Contohnya " Suaramu bagus ya, tetapi lebih bagus lagi jika kamu belajar lebih dahulu"
Cara menyampaikan compliment :
1. Be real and honest
2. Compliment in moderation , yaitu memberikan pujian yang sewajarnya dan tidak berlebihan
3. Be totally complimentary
4. Be specific
5. Be personal in your own feeling
Saat menerima pujian nyatakan terimakasih dan berikan senyuman serta eye-contact
Memberikan nasihat (giving advice) menjadikan seseorang merasa lebih penting dan pintar.
Orang meminta nasihat karena beberapa alasan yaitu :
1. Ragu-ragu
2. Melepas tanggung jawab, jadi jika sesuatu terjadi masalah yang disalahkan adalah yang memberi nasihat
3. Mengharapkan sesuatu
Ada 2 jenis nasihat yaitu specific advice dan meta-advice (nasihat tentang nasihat)
Ada 3 jenis meta advice yaitu :
1. To explore option or choice , contohnya " menurutmu baju yang bagus untuk aku yang mana"
meta advice " menurutmu sendiri, pilihannya apa saja ?"
2. To seek expert advice , contohnya " obat batuk yang paling bagus apa ya ?"
meta advice " coba tanyakan ke apoteker"
3. To delay decision
Cara untuk memberikan nasihat :
1. Listen , cukup dengarkan kadang seseorang tidak perlu nasihat tetapi hanya butuh didengarkan
2. Emphaty
3. Be tentative , ketika memberikan nasihat pastikan bahwa nasihat itu dapat berjalan dengan baik
4. Ensure Understanding , pastikan bahwa pendengar menerima pesan dengan benar
5. Avoid should statment, jangan paksakan seseorang untuk menerima nasihatmu
Cara untuk menerima sebuah nasihat
1. Dengarkan nasihat tersebut
2. Jika kita tidak meminta nasihat tersebut tetap dengarkan siapa tahu berguna untuk dirikita dan jangan mengkritik "ga ada yang tanya"
3. Bicarakan dengan pemberi nasihat untuk membicarakan lebih dalam
4. Berikan penghargaan atas nasihat yang telah diberikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar